Dukung Petani Maju dan Modern, Bupati Kobar Serahkan Bantuan Alsintan kepada Gapoktan

Bupati Kobar Hj Nurhidayah bersama Anggota DPR RI Komisi IV Bambang Purwantu menyerahkan Bantuan Alsintan kepada salah satu Poktan di halaman kantor Dinas TPHP, Rabu (4/11).

MMC Kobar - Rabu (4/11) Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (DTPHP) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melakukan kegiatan penyerahan bantuan alat dan mesin pertanian untuk Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) di Kobar. Penyerahan alat ini dilakukan secara simbolis oleh Bupati Kobar Hj Nurhidayah beserta anggota Komisi IV DPR RI, Bambang Purwanto.

Pada kegiatan yang dilaksanakan di halaman Kantor Dinas TPHP tersebut turut hadir juga Kapolres Kobar, Dandim 104 Pangkalan Bun, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kobar, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Penyuluh Pertanian dan perwakilan Gapoktan.

(Baca Juga : Pencanangan Desa Pasir Panjang sebagai Desa Cinta Statistik)

Dalam laporannya Kepala Dinas TPHP, Ir. Kamaludin mengatakan bahwa bantuan alat dan mesin yang akan diberikan berupa pompa air sebanyak 5 unit, elektrik hand sprayer 29 unit, rice transplanter sebanyak 1 unit. Untuk pasca panen tanaman pangan berupa 1 unit combine harvester sedang, power thersher multiguna 3 unit, 1 unit roda 3, corn sheller 12 unit, corn sheller mobile 5 unit yang tersebar di 19 desa 6 kecamatan.

“Kami sampaikan bahwasanya permasalahan yang kita hadapi di tahun ini adalah alih fungsi lahan, kurangnya milenial untuk menjadi petani serta mahalnya upah tenaga kerja. Diharapkan kedepan dengan adanya bantuan alat ini bisa memacu petani muda untuk terus berkarya membangun kabupaten ini melalui pertanian,” papar Kamaludin.

“Adapun kegiatan sektor pembangunan yang telah Dinas TPHP lakukan antara lain, kegiatan padi bebas residu seluas 200 ha di Kecamatan Pangkalan banteng, kegiatan padi lahan kering seluas 524 ha di kecamatan kumai imbuh kamaludin. Alat alat ini nantinya akan diserah terimakan kepada kelompok tani maupun gabungan kelompok tani guna menunjang pertanian agar semakin maju ditengah pandemi Covid-19 yang melanda ini,” lanjut Kamaludin.

Anggota Komisi IV, DPR RI, Bambang purwanto pada sambutannya mengungkapkan bahwa bantuan alat pertanian di Kobar ditujukan kepada petani agar bisa lebih maju seperti daerah lainnya di Kalimantan Tengah.

“Bahwa kami ingin membantu pertanian di Kobar agar lebih maju seperti Kapuas dan Pulang Pisau. Dengan keberadaan kami di Komisi IV RI, kami akan terus berupaya selalu membantu agar kedepan kita semua petani kobar mampu memanfaatkan lahan dan mendapatkan bantuan teknologi pertanian agar lebih maju lagi,” tutur Bambang.

Merespon pembagian bantuan alat mesin pertanian ini Bupati Kobar menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bapak Bambang Purwanto di Komisi IV DPR RI yang telah membantu aspirasi masyarakat petani di Kobar.

“Prioritas pembangunan pertanian Tahun 2020 ini fokus kepada padi jagung dan kedelai, disamping juga peningkatan produksi komoditas strategis lainya seperti gula, daging dan hortikultura. Oleh karena itu untuk mendukung kegiatan tersebut maka diadakanlah bantuan alat dan mesin pertanian ini. Dengan adanya bantuan alsin ini seyogyanya petani akan lebih giat dan bersemangat dalam bertani baik itu tanaman pangan maupun hortikultura,” tutur Bupati Hj Nurhidayah dalam sambutannya.

“Tak lupa kami sampaikan juga terimakasih atas bantuan dari Bapak Bambang selaku perwakilan dari Kobar di Komisi IV DPR RI untuk membantu aspirasi masyarakat petani dikabupaten kobar ini,” ucapnya lagi.

Penyerahan alat dan mesin pertanian dilakukan secara simbolis oleh Bupati Kobar dan Bambang Purwanto kepada kepada gapoktan maupun poktan, dianjutkan dengan penandatanganan Berita Acara Serah Terima. Secara terpisah diakhir kegiatan, Sadilan selaku Ketua Poktan Sumber Rejeki di Desa Berambai Makmur yang menerima bantuan alat pertanian mengungkapkan rasa syukurnya atas bantuan yang telah diberikan oleh pemerintah.

“Kami sangat bersyukur dengan bantuan alat pertanian ini, kami merasa diperhatikan dan kami akan lebih berusaha lagi untuk meningkatkan hasil pertanian baik itu tanaman pangan maupun hortikultura guna bisa mencukupi kebutuhan pangan di Kobar ini,” ungkapnya.

Maju Terus Petani Kobar. (dtphp kobar)