Dukung Pemenuhan Gizi dan Nutrisi Pangan Petugas Medis, DKP Kobar Serahkan Panen OPAL Kepada RSSI Pangkalan Bun

Kepala DKP Kobar Ir. Kris Budi Hastuti bersama Sekretaris dan Kepala Instalasi Gizi RSSI Kobar Kholida saat penyerahan panen OPAL di Kantor DKP Kobar, Selasa (21/7).

MMC Kobar - Kepala Dinas (Kadis) Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kotawaringin Barat (Kobar) melakukan giat panen OPAL (Obor Pangan Lestari) dengan berbagai hasil panen Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT) didampingi oleh sekretaris dan kepala bidang serta ASN DKP Kobar pada Selasa (21/7).

Panen OPAL seperti sawi hijau, sawi putih, labu dan cabe dengan teknik penanaman sistem hidroponik ini akan disalurkan kepada Instalasi Gizi Rumah Sakit Sulltan Imanuddin (RSSI) Pangkalan Bun. Kegiatan penyaluran OPAL ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian DKP Kobar dalam pemenuhan pelayanan gizi tenaga medis yang berada di rumah susun RSSI Kobar yang berjuang sebagai garda terdepan dalam percepatan penanganan Covid-19 di Kobar.

(Baca Juga : Dishub Kobar bersama Perum Damri Cabang Palangka Raya Survey Trayek Kawasan Pariwisata di Kobar)

Kadis DKP Kobar, Kris Budi Hastuti berharap agar bantuan yang diberikan bermanfaat serta dapat menyediakan sumber pangan yang bergizi dan nutrisi yang seimbang bagi tenaga medis RSSI Pangkalan Bun.

“OPAL yang dikelola DKP Kobar merupakan wujud dari kebijakan dan tanggung jawab dari Peraturan Menteri Pertanian Nomor 10 Tahun 2019 tentang Obor Pangan Lestari bahwa selain sebagai sarana percontohan untuk masyarakat dalam pemanfaatan pekarangan sebagai sumber pangan dan gizi akan tetapi juga sebagai upaya penganekaragaman  pangan dalam rangka pemenuhan gizi masyarakat,” ujarnya.

Kris menambahkan bahwa panen OPAL yang dilaksanakan hari ini adalah wujud dari komitmen DKP Kobar sebagai sumber penghasil PSAT dan pemenuhan gizi.

“Terlebih dengan kondisi sekarang dimana seluruh Indonesia tengah berjuang memerangi dan mencegah penyebaran Covid-19,” imbuh Kris mengakhiri keterangannya.

Sementara itu pihak RSSI Kobar yang diwakili oleh Kepala Instalasi Gizi, Kholida menyambut baik bantuan yang diberikan oleh DKP Kobar.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada DKP Kobar atas bantuan pangan segar. Semoga pangan segar yang diterima ini nanti dapat menambah nilai gizi petugas medis RSSI Pangkalan Bun yang berjuang dalam penanganan wabah Covid-19 di Kabupaten Kotawaringin Barat,” tutur Kholida. (dkp Kobar)