Dua Pemuda Kobar Wakili Kalteng Ikuti Pemilihan Pemuda Pelopor Tingkat Nasional

Sekda Kobar Suyanto menyampaikan sambutannya pada acara Kunjungan Tim dari Kemenpora RI dalam Fact Finding Pemilihan Pemuda Pelopor Tingkat Nasional di Kobar, Jumat (9/9/2022)

MMC Kobar – Dua pemuda dari Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) terpilih mewakili Provinsi Kalimantan Tengah mengikuti pemilihan calon pemuda pelopor tingkat nasional tahun 2022. Alfian Puguh Bawono terpilih mewakili bidang inovasi teknologi dan Miftahul Syarif di bidang agama, sosial dan budaya.

Pada Jumat (9/9) tim dari dari Kemenpora RI melaksanakan kunjungan ke Kobar dalam rangka Fact Finding pembuktian bidang kepeloporan yang telah dilaksanakan oleh para peserta. Tim dari Kemempora yang dipimpin oleh Septi Popiyanti disambut oleh Sekretaris Daerah (Sekda) didampingi kepala dinas Pemuda dan Olahraga kabupaten Kobar.

(Baca Juga : KPU Kobar Gelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi DPSHP Akhir dan Penetapan DPT Pemilu 2019)

Sekda kabupaten Kobar Suyanto menyambut baik kegiatan pemilihan pemuda pelopor ini. Suyanto juga mendukung penuh atas keikutsertaan pemuda dari Kobar dalam ajang ini dan berharap akan raihan prestasi terbaik.

“Selain untuk mendorong para pemuda berprestasi, kegiatan ini kita harapkan menjadi media agara para pemuda tidak terjerumus kepada hal-hal negatif,” kata Suyanto.

Suyanto juga berharap ajang pemilihan pemuda pelopor ini bisa berperan sebagai media untuk memajukan perekonomian melalui pemberdayaan dan pengembangan kewirausahaan pemuda.

Sekda Kobar Suyanto menyerahkan cinderamata kepada perwakilan dari Kemenpora RI, Septi Popiyanti.

“Hal ini seiring amanat Prseiden RI segera bangkit dari keterpurukan akibat pandemi,” ungkap Suyanto.

Pemuda pelopor adalah penghargaan yang digagas Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) kepada para pemuda yang telah menunjukkan semangat dalam mengembangkan potensi diri, merintis jalan, melakukan terobosan, menjawab tantangan dan memberikan jalan keluar atas pelbagai masalah.

Pemilihan Pemuda Pelopor Tingkat Nasional diselenggarakan secara berjenjang, mulai dari tingkat kabupaten/kota, provinsi dan nasional, yang puncaknya adalah pemberian penghargaan pada acara Peringatan Hari Sumpah Pemuda yang dilaksanakan setiap tanggal 28 Oktober. Pemilihan Pemuda Pelopor Tahun 2022 ini dilakukan dengan melibatkan sebanyak mungkin partisipan pemuda.

Lingkup dan jenis kepeloporan pun diperluas dengan harapan dapat memberikan kesempatan yang lebih luas kepada pemuda dan memberikan penghargaan bagi mereka yang layak menyandang predikat sebagai pemuda pelopor. Pemilihan pemuda pelopor mencakup lima bidang kepeloporan pemuda yaitu, pendidikan, agama, sosial, dan budaya, pengelolaan sumber daya alam, lingkungan dan pariwisata, pangan dan inovasi teknologi. (prokom kobar)