DKP Kobar Terus Bina Program Aksi Desa Mandiri Pangan

Foto bersama perwakilan DKP Kabupaten Kobar dan Lembaga Keuangan Desa (LKD) Melati Desa Natai Raya, selasa (8/01/2019). (Sinta/DKP)

MMC Kobar - Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) terus melakukan pembinaan Desa Mandiri Pangan (Demapan). Salah satunya dengan melakukan pendampingan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Lembaga Keuangan Desa (LKD) Mandiri Pangan di Desa Natai Raya pada tanggal 8 Januari 2019 dan Desa Sebuai Barat pada tanggal 12 Februari 2019 lalu.

Evaluasi laporan keuangan Lembaga Keuangan Demapan menunjukkan peningkatan pesat. Misalnya Desa Sebuai yang keberadaan kelompoknya telah dibentuk sejak tahun 2007 dan mendapatkan kucuran dana bantuan Rp. 100 juta dari APBN dan Rp. 30 juta dari provinsi telah berkembang menjadi Rp. 250 juta pada tahun 2013.

(Baca Juga : “Supertajam”, Inovasi Baru Penerbitan Akta Kelahiran)

Setelah Desa Sebuai dipisah menjadi dua, LKD Empat Serangkai Desa Sebuai Barat mengantongi modal Rp. 106 juta dan saat ini dana Lembaga Keuangan Demapan tersebut telah mencapai Rp. 175 juta.

Hal yang sama juga berlaku di Lembaga Keuangan Demapan Desa Natai Raya. Dari bantuan modal Rp. 25 juta dari APBN pada tahun 2011 lalu, saat ini telah berkembang hingga Rp. 147 juta. Pengurus LKD Melati Desa Natai Raya dalam laporannya juga menyatakan bukan hanya modal yang meningkat di lembaga keuangan mereka, namun jumlah anggota juga tumbuh hampir tiga kali lipat sejak pertama kali dibentuk yaitu dari 25 orang menjadi 65 orang pada tahun 2019 ini.

Dalam pertemuan yang juga dihadiri oleh Kepala Desa Natai Raya tersebut, Pengurus menyampaikan harapan agar kepala desa memfasilitasi tempat operasionalnya sehingga memudahkan akses masyarakat terhadap LKD Melati Desa Natai Raya.

Acara yang dilaksanakan dua LKD program aksi Demapan ini berlangsung meriah. Pasalnya selain evaluasi laporan keuangan, para anggota juga mendapatkan doorprize. Setiap anggota yang mempunyai tabungan dengan kelipatan Rp. 50 ribu akan mendapatkan satu kupon undian.

Adapun hadiah doorprize tersebut, selain bersumber dari dana yang disisihkan dari keuntungan LKD juga berasal dari sumbangan DKP, penyuluh pendamping Demapan, penyuluh pertanian lapangan hingga kepala desa. Meski nilainya tak seberapa namun diharapkan semakin merekatkan silaturahmi dan kerjasama antara pengurus dan anggota lembaga keuangan program aksi Demapan tersebut.

“Kami bangga dengan pencapaian bapak Ibu sekalian karena sampai saat ini mampu mengembangkan modal yang dikucurkan oleh pemerintah. Kami berharap agar masyarakat Sebuai Barat terus semangat menjalankan dan mengembangkan program yang telah diinisiasi DKP Kobar ini sehingga manfaatnya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat desa”, ungkap Kepala Seksi Kerawanan Pangan, Mila Susilawati, SP., M.Si dalam sambutannya mewakili Kepala DKP di RAT LKD Empat Serangkai Desa Sebuai Barat

Selain itu, ketika ditemui dalam kesempatan lain, Ir. Edy Heriansyah selaku Kepala Bidang Ketersediaan dan Kerawanan Pangan menyatakan bahwa sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya, DKP akan terus melakukan pembinaan dalam program aksi Demapan di Kobar. Salah satu bentuknya yaitu dengan mengadakan pelatihan-pelatihan bagi kelompok afinitas Desa Mandiri Pangan dan Replikasinya. (Sinta/DKP)