Dispar Kobar Gelar Pelatihan Tata Kelola Destinasi Pariwisata

(Foto bersama) Para Peserta Pelatihan Tata Kelola Destinasi Pariwisata bersama Narasumber (dispar kobar)

MMC Kobar – Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) kembali menggelar kegiatan pelatihan peningkatan kompetensi bagi usaha pariwisata. Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari ini dimulai tanggal 23-24 Juni di Hotel Andika Pangkalan Bun dan diikuti oleh 40 orang dari berbagai kalangan pelaku/pengelola usaha pariwisata yang ada di Kobar.

Kegiatan yang menitikberatkan pada peningkatan kemampuan peserta dalam hal pengelolaan dan pemahaman kepariwisataan serta menggali potensi yang ada agar dapat dikembangkan menjadi peluang-peluang destinasi baru.

(Baca Juga : Bupati Hj Nurhidayah : Kegiatan Festival Medical sebagai Ajang Mengukir Prestasi Non Akademik bagi Pelajar)

"Pariwisata harus memenuhi standar global agar dapat menarik wisatawan ke Kobar," ujar Kadispar Kobar, Drs. Wahyudi M.Si.

Sementara itu ujar salah seorang narasumber dari DPD HPI Prov. Kalteng H. Yomie Kamale, S.S menyatakan bahwa potensi di Kobar sungguh luar biasa sehingga dapat menjadi trigger bagi perkembangan usaha pariwisata, salah satunya tentu dengan keberadaan Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP).

Pada hari kedua para peserta diberikan materi Panduan Tematik Tata Kelola Destinasi Pariwisata oleh Bhayu Rhama, Ph.D yang juga Ketua DPD ASITA Prov. Kalteng. Menurut Bhayu, keseimbangan antara faktor ekonomi dan alam merupakan kunci bagi para pelaku/pengelola usaha pariwisata di Kobar.

"Daerah jika ingin meningkatan pendapatan harus berani membuat destinasi yang dibangun dan dikelola sendiri, sebagai contoh Dispar bisa membangun destinasi wisata yang secara pengelolaan dikerjakan sepenuhnya oleh Dispar,"ujar Bhayu.

Kegiatan ditutup setelah melalui berbagai diskusi bersama diantara pemateri dan peserta selama dua hari. (antonnyo aram/dispar kobar)