Diskan Lanjutkan Sosialisasi Gemarikan di Sekolah Alam Bina Insan

Usai Sosialisasi, ASN Dinas Perikanan berfoto bersama dengan Guru dan Siswa-siswi Sekolah Alam Bina Insan Pangkalan Bun, Jum'at (18/10). (diskan kobar)

MMC Kobar - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melalui Dinas Perikanan (Diskan) kembali melakukan sosialisasi peningkatan konsumsi ikan di Kabupaten Kobar melalui Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan). Kali ini kegiatan kunjungan dan sosialisasi Gemarikan bagi anak-anak Sekolah Alam Bina Insan (SABI) Pangkalan Bun, Selasa (18/10).

Gemarikan adalah kegiatan untuk memasyarakatkan makan ikan bagi masyarakat Kobar khususnya bagi anak-anak, sehingga nantinya para orang tua dapat menjadikan ikan sebagai sumber asupan protein bagi anaknya dengan berbagai olahan masakan sebagai penambah daya tarik, seperti pentol ikan, nuget ikan, sosis ikan.

(Baca Juga : Kembangkan Wisata di Desa Kumpai Batu Atas, Dispar Kobar Gelar Ekspose Masterplan Obyek Wisata Tebing Tinggi)

Sosialisasi ini dibuka dengan sambutan Kepala Dinas Perikanan yang disampaikan oleh Sekretaris Dinas, Ir. Hepy, M,Si. Dalam sambutannya beliau menjelaskan kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini merupakan lanjutan yang pada waktu lalu telah dilaksanakan pada salah satu SD di Pangkalan bun.

Beliau menjelaskan peran sekolah sangat besar dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, oleh karena itu kegiatan seperti ini akan terus diupayakan untuk mendorong keinginan anak dari usia dini untuk mengkonsumsi ikan di sekolah-sekolah yang ada dipangkalan bun.

Masih seperti kegiatan yang telah dilaksanakan sebelumnya, pada kegiatan ini anak-anak pelajar juga diberikan berbagai makanan olahan berbahan dasar ikan dengan berbagai bentuk olahan seperti pentol ikan dan nugget ikan, hal ini diharapkan menambah daya tarik anak-anak untuk mulai mengkonsumsi ikan dari usia dini.

Pada Kesempatan yang sama Kepala Sekolah Alam Bina Insan, Sri Wahyuni menyambut baik kegiatan sosialisasi ini. Beliau menjelaskan masih banyak anak didiknya yang masih kesulitan untuk mengkonsumsi ikan dikarenakan hal klasik yaitu orang tua takut anaknya ketusuk duri ikan pada waktu mengkonsumsi.

“Dengan olahan daging ikan seperti pentol ikan dan nugget ikan diharapkan dapat membuat anak tertarik makan ikan,”  tutupnya. (razak/diskan kobar)