Dinas PUPR Kobar Gelar Sosialisasi Teknologi Building Information Modelling pada Sektor Konstruksi

MMC Kobar - Dalam rangka peningkatan kualitas jasa konstruksi ke arah yang lebik baik, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melalui Bidang Bina Konstruksi menyelenggarakan Sosialisasi “Teknologi Building Information Modelling (BIM) pada Sektor Konstruksi”. Kegiatan sosialisasi dilaksanakan pada Selasa (7/3) bertempat di Aula Inspektorat Daerah.

Sosialisasi BIM ini diikuti oleh 70 peserta yang berasal dari OPD, Badan usaha Penyedia Jasa Konstruksi, mahasiswa dan akademisi di Kabupaten Kobar serta mengundang Dinas PUPRPRKP Kabupaten Sukamara. Narasumber kegiatan ini adalah Ir. Noldi R. Tobogu dari Bangun Persada Indonesia - Borneo.

(Baca Juga : Peringati Hari Rabies Dunia, DPKH Kobar Bekerjasama dengan PDHI Cabang Kalteng Gelar Vaksinasi Hewan Peliharaan Gratis)

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Kotawaringin Barat M.Hasyim Muallim dalam sambutannya mengatakan, meningkatnya perkembangan konstruksi di indonesia mengharuskan adanya penyesuaian dan pembaharuan teknologi, diantaranya terjadi perubahan gambar akibat ketidaksesuaian desain dengan pekerjaan konstruksi di lapangan yang mengakibatkan pekerjaan menjadi tidak efisien. 

“Salah satu solusi dalam mengatasi permasalahan tersebut demi kelancaran dan efisiensi dalam pekerjaan di bidang konstruksi adalah penerapan teknologi building information modelling atau disingkat BIM,” terang Hasyim.

Hasyim Muallim berharap melalui kegiatan Sosialisasi BIM ini dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya dan memberikan kontribusi dalam peningkatan pembangunan yang berkelanjutan serta meningkatkan efisiensi terhadap pelaksaan kegiatan konstruksi.

“Saya juga mengajak seluruh peserta untuk menjadikan kegiatan sosialisasi kali ini sebagai salah satu momentum dalam membangun sarana prasana dan infrastruktur di bidang konstruksi menjadi lebih berkembang, serta memberikan efisiensi terhadap pekerjaan konstruksi bagi seluruh stakeholder di Kabupaten Kotawaringin Barat,” ujar Hasyim. (dpupr kobar)