Dinas Pertanian Kejar Target Capaian Pendataan dan Penandaan Ternak di Desa Karang Mulya Kecamatan Pangkalan Banteng

MMC Kobar - Dinas Pertanian Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melalui Bidang Peternakan pada Selasa (20/9) melaksanakan kegiatan Pendataan dan Penandaan Ternak di Desa Karang Mulya Kecamatan Pangkalan Banteng.

Pendataan ini dilakukan dengan pemasangan Eartag berbarcode pada telinga sapi milik peternak dengan tujuan agar semua ternak milik masyarakat sudah terpasang eartag berbarcode sehingga populasi terdata. 

(Baca Juga : Pemkab Kobar Kembali Dikunjungi Untuk Belajar Impelementasi Tunjangan Kinerja)

Sebelum dilakukan pelayanan reproduksi ternak dan kesehatan hewan, ternak yang akan dilayani sudah terpasang eartag berbarcode dan telah terdaftar pada aplikasi IdentiK PKH.

Dalam melaksanakan tugas di Desa Karang Mulya pada pelaksanan kegiatan di lapangan didapatkan pendataan dan penandaan ternak sebanyak 55 ekor. 

“Diharapkan setelah kegiatan penandaan/pendataan ini dapat dilanjutkan oleh masing-masing petugas kecamatan dan tim teknis akan turun ke lapangan kembali ketika ada kendala untuk petugas setempat,” kata Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian Risanty.

Pengelola Lalu Lintas Ternak/Pengurus Izin Budidaya Ali Imron mengatakan dirinya siap melanjutkan pendataan di wilayahnya. “Saya siap melanjutkan kegiatan pendataan dan penandaan ternak di wilayah Kecamatan Pangkalan Banteng untuk peternak baru yang belum terdata,” ujar Ali Imron. (distan kobar)