Dinas Pertanian Adakan Pelatihan Petugas Pemeriksaan Kesehatan Hewan Kurban 

MMC Kobar - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melalui Dinas Pertanian mengadakan Pelatihan Petugas Pemeriksaan Kesehatan Hewan Kurban yang diikuti sebanyak 83 peserta, Senin (5/6). Peserta pelatihan akan diterjunkan ke lapangan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban yang tersebar di wilayah Kabupaten Kobar.

Kepala Dinas Pertanian melalui Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Hotni Afrita Purba menyampaikan, tujuan dari pelaksanaan pemeriksaan kesehatan hewan kurban adalah sebagai bentuk tanggung jawab pemerintah dalam penjaminan daging kurban yang Aman, sehat, Utuh dan Halal (ASUH). 

(Baca Juga : Program Imunisasi MR Dilanjutkan Hingga Akhir Oktober)

“Sehingga tercapai ketenteraman batin masyarakat. Selain itu, kegiatan ini juga untuk mencegah terjadinya penularan dan penyebaran penyakit hewan menular strategis (PHMS),” terang Hotni Purba.

“Peserta pelatihan dibekali  materi tentang pemeriksaan hewan sebelum disembelih (ante mortem) dan pemeriksaan setelah  disembelih (post mortem),” kata Hotni.

Lebih lanjut Hotni menjelaskan, pada pemeriksaan ante mortem petugas memeriksa kondisi tubuh hewan kurban, memastikan hewan sudah cukup umur dengan cara memeriksa gigi hewan, kemudian melihat apakah hewan terinfeksi PMK, atau penyakit lainnya. 

“Pada pemeriksaan post mortem petugas memeriksa hati, paru dan daging untuk memastikan daging aman dan layak untuk dikonsumsi,” imbuhnya.

Hotni menambahkan, manfaat dari kegiatan ini adalah menjamin pemotongan hewan kurban yang higienis dan baik, menjamin ketersediaan daging hewan kurban yang aman,sehat, utuh dan halal, memasyarakatkan program keamanan daging.

Pelatihan diselenggarakan selama dua hari mulai tanggal 5-6 Juni 2023. Pelatihan hari pertama diperuntukkan bagi petugas pemeriksaan kesehatan hewan kurban di wilayah kerja Kecamatan Arut Selatan, Kecamatan Kotawaringin Lama, dan Kecamatan Kumai  bertempat di aula kantor Dinas Pertanian yang diikuti sejumlah 51 peserta. 

Kegiatan pelatihan hari kedua diikuti oleh petugas pemeriksaan kesehatan hewan kurban di wilayah kerja Kecamatan Pangkalan Lada, Kecamatan Pangkalan Banteng dan Kecamatan Arut Utara, kegiatan berlangsung di Aula Kantor Kecamatan Pangkalan Banteng, yang diikuti sejumlah 32 peserta.

Tim Petugas pemeriksaan Kesehatan Hewan Kurban Kabupaten Kobar Tahun 2023 terdiri dari 9 orang dokter hewan, 34 orang penyuluh pertanian, 16 orang jabfung/pelaksana/tenaga non ASN pada Dinas Pertanian serta 24 orang petugas yang berasal dari tiap kecamatan. (distan kobar)