Dikbud Kobar Gelar Olimpiade Sains Nasional Tingkat Kabupaten

MMC Kobar – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mengelar kegiatan Olimpiade Sains Nasional tingkat Kabupaten, Rabu (27/2). Olimpiade Sains Nasional bagi pelajar tingkat SMA/MA ini digelar di SMAN 1 Kumai.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kobar Ir. Rosihan Pribadi, M.Si mengatakan digelarnya lomba Olimpiade Sains Nasional Tingkat Kabupaten ini guna mencari pelajar yang terbaik yang akan mewakili Kobar berajang di Provinsi Kalimantan Tengah.

(Baca Juga : Personil Damkar Kobar Evakuasi Pohon Tumbang yang Menimpa Rumah Warga di Pangkalan Bun)

"Kami sangat bersyukur karena kegiatan ini mendapat respon dari sekolah karena jumlah peserta yang mengikuti Olimpiade Sains ini mencapai 294 orang berasal dari 12 SMA dan 4 SMK. Sedangkan mata pelajaran yang dikompetisikan sebanyak 9 mata pelajaran," ungkap Rosihan.

Rosihan menjelaskan Olimpiade Sains Nasional tingkat Kabupaten ini merupakan kegiatan rutin yang bertujuan untuk menumbuhkembangkan sikap pelajar yang siap untuk berkompetisi, mengukur kemajuan pendidikan dan sekaligus menjadikan tolak ukur mutu pendidikan yang lebih baik lagi di kobar.

Harapannya agar peserta Olimpiade Sains dapat mengikuti setiap mata pelajaran yang dilombakan dengan baik karena juara dari hasil Olimpiade Sains Nasional tingkat Kabupaten akan di kirim ke tingkat Provinsi Kalimantan Tengah.

"Kami berharap siswa/siswi kita tidak hanya mencapai juara di tingkat provinsi saja tetapi bisa  menjadi juara Olimpiade Sains ditingkat nasional, dari semangat anak didik kita, dan dibawah binaan guru pembimbing mereka, semoga mereka bisa mencapai hasil sampai tingkat Nasional dan bisa mengharumkan nama Kobar," Kata Rosihan.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMAN 1 Kumai Paujiah selaku ketua panitia pelaksana Olimpiade Sains Nasional tingkat Kabupaten mengatakan bahwa kegiatan Olimpiade Sains Nasional tingkat Kabupaten ini dilaksanakan secara serentak di Indonesia.

“Kegiatan Olimpiade Sains Nasional tingkat Provinsi sesuai rencana akan dilaksanakan pada bulan April 2019 mendatang di Palangka Raya. Harapan kami  semoga lomba sains tingkat kabupaten berjalan dengan baik. Dan nanti dalam lomba sains tingkat provinsi peserta dari Kobar berhasil menjadi juara dan bisa bersaing di tingkat Nasional," ucap Paujiah. (Humas Diskominfo Kobar)