Desa Pasir Panjang dan Kelurahan Baru Mewakili Lomba Desa/Kelurahan Tingkat Kabupaten Tahun 2020 Dari Arsel

Foto bersama Camat Arut Selatan, Sekcam Arsel, Danramil Arsel, Tim Penilai, TP-PKK Kec. Arsel & Ds. Pasir Panjang dengan seluruh elemen masyarakat di Desa Pasir Panjang

MMC Kobar - Lomba desa dan kelurahan merupakan agenda nasional yang berperan sebagai alat evaluasi dan penilaian sejauhmana tingkat perkembangan pembangunan atas usaha masyarakat desa, serta mengetahui capaian hasil kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat, sesuai dengan Permendagri Nomor 81 Tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan. 

Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan adalah suatu upaya penilaian tingkat penyelenggaraan pemerintahan, kewilayahan, dan kemasyarakatan yang didasarkan pada instrumen evaluasi perkembangan desa dan kelurahan guna mengetahui efektivitas dan status perkembangan serta tahapan kemajuan desa dan kelurahan.

(Baca Juga : Pantau Distribusi Pangan, DKP Kobar Koordinasi Ke Pelabuhan Kumai Dan Pelabuhan Pangkalan Bun)

Penilaian Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Kabupaten Kotawaringin Barat Tahun 2020 untuk wilayah Kecamatan Arut Selatan dilaksanakan pada Hari Rabu (26/2). Untuk tahun 2020, desa dan kelurahan yang ditunjuk mewakili wilayah Kecamatan Arut Selatan adalah Desa Pasir Panajang dan Kelurahan Baru. Syarat untuk mengikuti Penilaian Lomba Desa dan Kelurahan adanya Instrumen Perkembangan Desa dan Kelurahan, diantaranya Profil desa/kelurahan 2 tahun terakhir (2018 s/d 2019), dan Peraturan Desa tentang RPJMDes dan RKPD.

Berbagai elemen ikut berpartisipasi dalam Lomba Desa dan Kelurahan,yakni Pemerintah Desa/Kelurahan dan jajarannya, Ketua RT, LPMK, TP-PKK, Karang Taruna dan seluruh lapisan masyarakat yang saling membantu menyiapkan segala sesuatunya demi kelancaran dan kesuksesan kegitan lomba ini.

Pada kesempatan ini, Camat Arut Selatan H. Syahruddin menyampaikan bahwa Penilaian Lomba Desa dan Kelurahan menjadi sangat penting dan dapat memperkuat komitmen bersama  dalam mensinergikan dan mewujudkan efektifitas penyelenggaraan Pemerintah Desa dan Kelurahan dalam mendukung percepatan pembangunan. 

"Diharapkan untuk Lomba Desa/Kelurahan pada tahun ini membawa hasil yang memuaskan di Kecamatan Arut Selatan," ujar  Syahruddin. (kec arsel)