Dalam Situasi Wabah Covid-19, Damkar Kobar Imbau Warga Waspadai Ancaman Kebakaran

Kasat Pol PP Dan Damkar Kobar, Majerum Purni, SH.

MMC Kobar - Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mengimbau warga waspada ancaman kebakaran saat warga beraktivitas di rumah.

Kasatpol PP dan Damkar Kobar, Majerum Purni meminta warga yang melaksanakan aktifitas dirumah selama wabah Covid-19 memperhatikan potensi kebakaran.

(Baca Juga : Ketika Warga Bandung Semarakkan Fun Bike Jelang Asian Games 2018)

"Kami mengimbau dengan penggunaan kompor gas dan listrik yang aman. Kontrol rutin maksimal tiga hari sekali untuk instalasi listrik dan gas rumah agar aman," kata Majerum di ruang kerjanya, Senin (20/4).

Imbauan tersebut menyusul banyaknya warga yang berkativitas di rumah sesuai intruksi pemerintah pusat maupun daerah. Pasalnya saat di rumah warga cenderung memfungsikan perangkat elektronik yang berlebihan sehingga membebani instalasi listrik.

"Hemat listrik dan cek peralatan yang sudah dipakai dalam kondisi off atau dicabut aliran listriknya. Jangan menumpuk steker listrik dan menyambung sembarangan," ujar Majerum.

Imbauan mewaspadai ancaman kebakaran terus dilakukan di sela kegiatan Damkar membagikan cairan disinfektan dimako Damkar.

Sejak 26 Maret - 11 April 2020 jajaran Pemadam Kebakaran sendiri sudah melakukan kegiatan pembagian cairan disinfektan sebanyak 28 ribu liter dengan rincian, 16 ribu liter dari Pemkab Kobar dan 12 ribu liter sumbangan dari masyarakat kobar. (satpolpp&damkar kobar)