Coto Manggala Masuk Tiga Besar Makanan Tradisional Terpopuler pada API Award 2020

Makanan tradisional khas Kabupaten Kotawaringin Barat, Coto Manggal masuk 3 besar kategori Makanan Tradisional Terpopuler pada API Award Tahun 2020.

MMC Kobar - Beberapa waktu lalu, tepatnya di bulan Mei 2020, Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2020 mulai digelar. Anugerah Pesona Indonesia (API) Award merupakan rangkaian kegiatan tahunan yang diselenggarakan dalam upaya membangkitkan apresiasi masyarakat terhadap dunia pariwisata Indonesia.

Di samping itu penyelenggaraan Anugerah Pesona Indonesia juga bertujuan untuk mendorong peran serta berbagai pihak terutama pemerintah daerah untuk lebih berupaya dalam mempromosikan pariwisata di daerah masing-masing.

(Baca Juga : Peringati Hari Peduli Sampah Nasional, DLH Kobar Gelar Gerakan Jumat Bersih di Pasar Indrasari)

Ada beberapa tahap yang harus dilalui dalam penyelenggaraan ajang ini. Dimulai dari bulan Juni-Juli 2020 seleksi penentuan nominasi pariwisata seluruh Indonesia, Juli-Agustus 2020 jadwal pengumuman nominasi dan sosialisasi, Agustus-Desember 2020 jadwal campaign vote dan promosi pariwisata Indonesia. Dan pada Januari-Februari 2021 jadwal closing dan pengumuman acara Malam Anugerah Pesona Indonesia 2021.

Ada beberapa kategori dalam ajang API award 2020 ini. Pemkab Kobar melalui Dinas Pariwisata berpartisipasi dalam ajang penganugerahan ini dan memilih Coto Manggala untuk diikutsertakan dalam kategori Makanan Tradisional Terpopuler.

Coto manggala merupakan soto khas dari Kotawaringin Barat yang terbuat dari menggala. Manggala dalam bahasa Kotawaringin berarti singkong. Coto manggala dibuat dari singkong yang dipotong-potong lalu direbus dan dimasak dengan bumbu dan ikan atau ayam. Rasanya gurih dan segar.

Pada Selasa (9/2) melalui Instagram API Award (@apiaward), Panitia Penyelenggara API award 2020 menyampaikan 3 nominasi terbaik yang menjadi Juara pada ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) 2020. Dalam kategori Makanan Tradisional Terpopuler, Coto manggala masuk dalam nominasi 3 terbaik. Selain itu yang masuk dalam nominasi 3 terbaik makanan tradisional terpopuler adalah Pendap dari Kabupaten Bengkulu Selatan dan Se’i dari Provinis Nusa Tenggara Timur.

Kadispar Kobar, Wahyudi mengatakan sangat bersyukur bahwa Coto Manggala dapat masuk ke dalam kategori bahkan 3 besar skala nasional. “Alhamdulillah, tidak disangka-sangka Coto Manggala masuk ke dalam 3 besar. Ini juga salah satu strategi branding kita ke tingkat nasional dalam hal memperkenalkan destinasi wisata dan kuliner yang ada di Kotawaringin Barat,” ujar Wahyudi pada Selasa (9/2).

Wahyudi berharap Coto Manggala tidak hanya ada di Kotawaringin Barat saja tapi bisa ada di daerah lain juga dan dinikmati oleh semua orang.

Panitia akan mengundang kehadiran pada Juara untuk hadir dan menerima penghargaan pada Malam Anugera Pesona Indonesia 2020 (API 2020) yang rencananya akan diselenggarakan di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

Semoga dengan penghargaan ini, Pariwisata Kobar semakin maju dan berkembang. Mari dukung kebangkitan Pariwisata Kobar di tengah masa pandemi Covid-19. Salam Pesona Indonesia. (dispar kobar)