Cegah Stunting, DKP Kobar Berikan Bantuan Starter Kit Tanaman Hidroponik kepada Kelurahan Raja Seberang 

Kepala DKP Kobar Ir. Kris Budi Hastuti dan Staf bersama Lurah Raja Seberang pada saat penyerahan starter kit tanaman dan bibit tanaman, Rabu (22/07).

MMC Kobar - Untuk memperkuat ketahanan pangan melalui pemenuhan pangan dan gizi serta dalam rangka pencegahan stunting di masyarakat, Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melaksanakan giat penyerahan bantuan starter kit tanaman hidroponik berupa bibit tanaman, nutrisi makanan dan media tanam kepada Kelurahan Raja Seberang, Rabu (22/07).

Penyerahan bantuan bibit tanaman dan media tanam diberikan oleh Kepala DKP Kobar, Kris Budi Hastuti dan langsung diterima oleh Lurah Raja Seberang, Alimin. Dalam keterangannya Kepala DKP Kobar berharap agar bantuan bibit tanaman dan media tanam yang diberikan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat khususnya warga Kelurahan Raja Seberang. 

(Baca Juga : Pemerintah Turunkan Tarif PPh Final Sektor Jasa Konstruksi, Simak Rinciannya)

"Bantuan ini setidaknya dapat membantu warga dalam memanfaatkan lahan pekarangannya secara optimal sebagai upaya untuk menjaga ketahanan pangan keluarga melalui pemenuhan pangan dan gizi. Hasil pemanfaatan lahan pekarangan juga dapat dijadikan sebagai salah satu sumber tambahan pendapatan keluarga," imbuhnya.

Kepala DKP Kobar juga mengatakan bahwa bantuan bibit tanaman adalah merupakan pelaksanaan program yang telah dicanangkan oleh Kementerian Pertanian sesuai dengan Peraturan Menteri Pertanian Nomor 10 Tahun 2019 tentang Obor Pangan Lestari, yaitu pemanfaatan lahan pekarangan kantor sebagai sarana percontohan untuk masyarakat dalam pemanfaatan lahan pekarangan sebagai sumber pangan, juga sebagai upaya penganekaragaman  pangan dalam rangka pemenuhan gizi masyarakat. 

Sementara itu Lurah Raja Seberang mengucapkan terima kasih kepada DKP Kobar yang telah membantu warganya dan berharap dengan bantuan ini dapat berdampak maksimal khususnya terhadap warga Kelurahan Raja Seberang.

"Kami juga berharap nantinya ada tenaga pendamping dari DKP Kobar yang bersedia memberikan penyuluhan/pendampingan pemanfaatan lahan pekarangan dengan penanaman pangan segar ke rumah warga," harap Alimin. 

Starter kit tanaman hidroponik yang diberikan DKP Kobar adalah media taman yg terbuat dari barang bekas yang selama ini tidak digunakan, yaitu kotak styroform bekas kemasan buah dan gelas plastik bekas tempat minuman sebagai netpot. Sedangkan  jumlah bantuan yang diberikan adalah 50 kotak styroform, 600 netpot, 600 bibit tanaman dan 50 nutrisi tanaman. (dkp kobar)