Camat Arsel Buka Kompetisi Sains Nasional Tingkat Kecamatan Arut Selatan

Camat Arut Selatan bertindak sebagai Inspektur Upacara pada Pembukaan Kompetisi Sains Nasional (KSN), Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN), Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) dan Ekstra Kurikuler Keagamaan SD Tahun 2020 Tingkat Kecamatan Arut Selatan

MMC Kobar - Pemerintah mempunyai kewajiban melakukan penjaminan mutu pendidikan serta pembinaan berkelanjutan kepada peserta didik yang memiliki potensi kecerdasan dan atau bakat untuk berprestasi di bidang pengetahuan, teknologi, seni, dan atau olahraga pada tingkat Satuan Pendidikan, kabupaten/kota, provinsi, nasional, dan bahkan internasional sebagaimana tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggara Pendidikan.

Berbagai upaya dilakukan dalam rangka pengembangan minat dan bakat siswa di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi melalui perlombaan dan kompetisi secara berjenjang di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

(Baca Juga : Baznas Kabupaten Kobar Gelar Sosialisasi Zakat di Kecamatan Arut Selatan)

Penguatan mutu pendidikan di jenjang sekolah dasar merupakan pondasi yang sangat penting yang ditempuh melalui perwujudan pendidikan berorientasi pada peserta didik, dimana salah satu indikator adalah meningkatnya kemampuan peserta didik dalam hal berpikir kritis, daya nalar, kreatif, sikap, dan budi pekerti.

Upaya tersebut diantaranya melalui Kompetsi Sains Nasional (KSN), Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN), Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) dan Ekstra Kurikuler Keagamaan.

Kompetisi Sains Nasional (KSN), Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN), Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) dan Ekstra Kurikuler Keagamaan SD Tahun 2020 Tingkat Kecamatan Arut Selatan dilaksanakan pada tanggal 18 - 22 Februari 2020 dengan tema “Menuju Manusia Indonesia Unggul” yang diikuti sebanyak 83 peserta SD/SDS/MI/Sederajat.

Cabang yang diperlombakan antara lain Bidang Matematika dan IPA (KSN), kids atletik, badminton, karate, pencak silat, renang dan sepakbola mini (kosn), vocal solo, pantomim, gambar bercerita, seni tari, dan kriya anyam (FLS2N), seni nasyid, musabaqoh Hifdzil Qur’an, cerdas cermat, Pildacil, Kaligrafi, dan Vocal Solo Kristiani (Ekskul Keagamaan).

KSN, KOSN, FLS2N dan Ekskul Keagamaan dibuka secara resmi oleh Camat Arut Selatan pada hari Sabtu (15/2) di Lapangan Sampuraga Lama Pangkalan Bun. Pada acara tersebut diawali dengan Parade Siswa/Siswi SD/SDS/MI se- Kecamatan Arut Selatan yang menunjukkan dan menampilkan kebolehannya.

Pada kesempatan tersebut, Camat Arut Selatan H Syahruddin menyampaikan bahwa siswa harusa mengembangkan fisik jasmani, psikis, rohani, religiusitas.

“Seiring dengan itu, kecerdasan yang dikembangkan terdiri dari intelektual, emosional dan religiusitas. Orang bijak mengatakan dengan ilmu hidup jadi mudah, dengan seni hidup jadi indah dan dengan agama hidup jadi bermakna,” pungkas H Syahruddin. (kec arsel)