Bupati Kobar Pimpin Apel Siaga Karhutla Tahun 2020

Bupati Kobar Hj Nurhidayah memimpin Apel Siaga Karhutla Tahun 2020 di Kabupaten Kobar, Kamis (27/8).

MMC Kobar - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mengelar Apel Siaga Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) tahun 2020. Apel siaga dilaksanakan Kamis (27/08) bertempat di Stadiun Sampuraga Baru jalan Samari II Pangkalan Bun.

Bupati Kobar Hj Nurhidayah yang memimpin Apel Siaga Karhutla menyampaikan pesan kepada para peserta upacara untuk menjaga keberadaan alam, memelihara, mencintai, merawat dan tidak menyakiti alam.

(Baca Juga : Pemerintah Kecamatan Arsel Adakan Sosialisasi Rencana Masuknya Jaringan Listrik di Desa Umpang)

“Sehingga alam benar-benar menjadi sahabat yang baik dalam kehidupan manusia. Sebagaimana slogan BNPB yaitu Kita Jaga Alam, Alam Jaga Kita,” ujar Bupati Hj Nurhidayah melanjutkan.

Pada kesempatan sama, Plt Kepala Pelaksana BPBD Kobar Tengku Ali Syahbana menyampaikan bahwa tujuan Apel Siaga Bencana Karhutla di wilayah Kabupaten Kobar Tahun 2020 ini untuk mengetahui kekuatan personil dan kesiapan sarana dan prasarana yang ada.

“Tujuan Apel Siaga Karhutla Tahun 2020 ini untuk mengetahui kekuatan personil dan kesiapan sarana yang ada dalam mengantisipasi penanganan kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat tahun 2020,” kata Tengku.

Apel yang dihadiri juga dari Unsur Forkopimda Kabupaten Kobar, dinas/badan/instansi vertikal kementerian/lembaga terkait, pimpinan BUMN/BUMD dan lembaga-lembaga, pimpinan Perusahaan Perkebunan, kehutanan dan Pertambangan, Satuan-Satuan Pemadam Kebakaran, Kelompok Masyarakat Peduli Api (MPA), Kelompok Masyarakat Pengendalian Kebakaran (KMPK), Lembaga Non Pemerintah terkait dan relawan yang berada di wilayah Kabupaten Kobar.

Pada kesempatan ini juga dilaksanakan penyerahan secara simbolis bantuan berupa tandon air untuk rumah-rumah ibadah dan pasar dari Provinsi Kalteng, serta bantuan Gas LPG dari Pertamina Persero untuk masyarakat kurang mampu korban bencana banjir di Kabupaten Kobar.

Selain itu juga diserahkan 2 unit tangki suplay untuk membantu penanganan karhutla di wilayah Kecamatan Kotawaringin Lama dan Kecamatan Pangkalan Banteng dari BPBD Kobar dari anggaran SILPA DBH DR Kementerian LHK tahun 2020. (@dhy/bpbd kobar)