Bupati Buka Festival Pelajar Tingkat Kabupaten

MMC Kobar - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menyelenggarakan Festival Pelajar Tingkat Kabupaten Kobar Tahun 2018 mulai tanggal 12 Maret hingga 16 Maret 2018. Festival Pelajar ini resmi dibuka oleh Bupati Kobar Hj Nurhidayah di Taman Bundaran Pancasila Pangkalan Bun, Senin pagi (12/3) pukul 8.30 WIB.

Kepala Dinas Dikbud Kobar Aida Lailawati menjelaskan bahwa pada Festival Pelajar kali ini diikuti 1394 peserta dari semua jenjang SD, SMP, SMA/SMK Sederajat yang terbagi menjadi 4 event dengan cabang yang dilombakan yakni  matematika, olahraga, seni tari daerah, seni tari tradisonal, desain grafis dan kaligrafi.

(Baca Juga : Bekerjasama dengan UNICEF Indonesia, Pemkab Kobar Adakan FGD Percepatan Cakupan Vaksinasi Covid-19 )

“Biasanya event ini dilakukan berjenjang sendiri sendiri, tetapi pada tahun ini kita jadikan satu menjadi event tahunan, terbagi menjadi event Olimpiade Sains Nasional, Olimpiade Olahraga Siswa Nasional, Festival Lomba Seni Siswa Nasional dan Festival Budaya,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Kobar menyambut baik penyelenggaran Festival Pelajar ini, menurutnya kegiatan ini merupakan momen yang tepat dan sangat berharga bagi pelajar untuk berkreasi berinovasi berprestasi dan berkompetisi secara sehat serta mampu memberikan pengalaman belajar bekerja sama, mematuhi aturan, mengakui kelemahan diri sendiri dan belajar menghargai kekuatan lawan.

Bupati berharap dalam kegiatan yang serupa baik di Tingkat Provinsi maupun Nasional agar kontingen pelajar dari Kabupaten Kobar nantinya mampu menunjukan prestasi yang terbaik dan membawa nama harum Kabupaten Kobar.

“Bertandinglah dengan penuh semangat dan sportivitas untuk menunjukan prestasi terbaik, tercepat, terkuat, terindah dan berikan tentunya yang terbaik untuk Kabupaten Kobar. Saya berharap Kontingen Kobar nanti mampu berprestasi mengikuti lomba olimpiade sains nasional, lomba seni dan budaya nasional maupun lomba olahraga baik tingkat provinsi maupun nasional,” ujarnya.

Selain itu Bupati juga mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan upaya melestarikan dan mengembangkan seni budaya yang ada di Kabupaten Kobar dalam rangka mendukung dan mengembangkan program pariwisata.

“Pertamakalinya bahwa kegiatan ini dimasukan dalam ageda rutin tahunan untuk menunjang program pariwisata yang dikembangkan Kabupaten Kobar,” katanya. (Humas Diskominfo Kobar)