BAPENDA Kobar Gelar Rapat Penyusunan Proyeksi PAD Tahun Anggaran 2021

Rapat Penyusunan Proyeksi Pendapatan Asli Daerah Tahun Anggaran 2021 pada Kamis (27/02/2020) di Ruang Rapat Bupati Kobar

MMC Kobar – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melaksanakan Rapat Penyusunan Proyeksi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Tahun Anggaran (TA) 2021 pada Kamis (27/02) di Ruang Rapat Bupati Kobar.

Rapat Penyusunan Proyeksi PAD TA 2021 ini merupakan agenda rutin Bapenda Kobar setiap tahunnya untuk penyusunan dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) TA 2021, yang merupakan salah satu dokumen perencanaan dalam penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) TA 2021.

(Baca Juga : Penyelesaian Tata Batas Kelurahan Sidorejo dengan Kelurahan Mendawai Kecamatan Arsel)

Rapat kali ini dipimpin langsung oleh Bupati Kobar Hj. Nurhidayah dengan dihadiri oleh Wakil Bupati Kobar Ahmadi Riansyah, Sekretaris Daerah Kobar Suyanto dan seluruh Kepala Dinas / Badan serta Camat se- Kobar  yang mengelola PAD.

Dalam sambutannya Bupati Kobar Hj. Nurhidayah, mengatakan bahwa rujukan kita dalam menyusun proyeksi PAD dari tahun ke tahun adalah sebagaimana tertuang dalam dokumen RPJMD sebagaimana penjabaran Visi dan Misi Kepala Daerah masa bakti 2017 s.d 2022.

Kepala Bapenda Kobar Molta Dena dalam paparannya melaporkan bahwa upaya-upaya optimalisasi PAD TA 2019 baik yang bersifat intensifikasi, ekstensifikasi maupun penyesuaian tarif dengan berbagai bentuk kegiatannya, namun faktanya belum mampu mencapai target, artinya di TA 2020 harus ada gerakan bersama, menyeluruh dan terpadu dari seluruh SKPD pengelola PAD dibawah koordinasi Bapenda Kobar untuk menjaring semakin banyak potensi peningkatan PAD.

Dipenghujung rapat telah disepakati oleh seluruh SKPD pengelola PAD untuk TA 2021 diproyeksikan sesuai dengan target yang tertuang dalam dokumen RPJMD tahun 2021, sehingga dapat dipastikan target PAD naik dari tahun sebelumnya.

“Khusus untuk pencapaian target Pajak Daerah untuk tahun 2021 ditempuh dengan inovasi-inovasi dalam pengelolaan PAD seperti SIM BPHTB, e-SPPT, Taping Box dll dengan harapan pelayanan pajak kita semakin baik dan penerimaan PAD juga semakin meningkat” pungkas Molta.

Dengan Pajak Kobar Jaya (Bapenda Kobar)