Bapenda Kembali Raih Predikat A dalam Penilaian SAKIP se-Kobar

(Foto Bersama) - Kepala Bapenda Kobar Molta Dena bersama seluruh ASN lingkup Bapenda Kobar di halaman kantor, Rabu (11/11).

MMC Kobar - SAKIP adalah Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan, dimana sistem ini merupakan integrasi dari sistem perencanaan, sistem penganggaran dan sistem pelaporan kinerja, yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan. Dalam hal ini, setiap SOPD diwajibkan mencatat dan melaporkan setiap penggunaan keuangan negara serta kesesuaiannya dengan ketentuan yang berlaku.

SAKIP tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 29 Tahun 2014 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah. Di tahun lalu Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mendapat penilaian SAKIP predikat A, dan di tahun 2020 ini Bapenda Kobar kembali meraih penilaian predikat A.

(Baca Juga : Demi Terciptanya Keselamatan Jalan, Dishub Kobar Lakukan Survei Penentuan Lokasi Penempatan Rambu dan APJ di Ruas Jalan Ahmad Yani)

Acara penyerahan penghargaan yang digelar di aula Bupati pada Rabu (11/11) ini dipimpin langsung oleh Bupati Kobar dan juga diikuti peserta dari seluruh SOPD di lingkup Pemkab Kobar. Selain Kepala SOPD, peserta lain juga boleh mengikuti acara ini melalui zoom meeting yang dilaksanakan.

Kepala Bapenda Kobar, Molta Dena mengatakan tahun ini adalah tahun ke-2 Bapenda mendapat predikat A untuk penilaian SAKIP se-Kabupaten Kobar.

“Predikat ini sungguh menjadi sebuah kebanggan bagi kami. Mendapatkan mungkin mudah namun untuk mempertahankan predikat ini kita cukup sulit. Selain itu juga saya berterima kasih kepada seluruh pegawai Bapenda Kobar atas kerjasama dan koordinasi sehingga Bapenda Kobar mendapatkan SAKIP Predikat A di tahun 2020 ini. Kedepan kita akan optimis akan meraih predikat tersebut dan menjadikan penghargaan ini sebagai bentuk semangat untuk melayani masyarakat dalam pajak daerah,” ucap Molta Dena.

Penghargaan SAKIP Award 2020 diserahkan langsung oleh Bupati Kobar kepada Kepala SOPD secara langsung. Bupati Kobar Hj Nurhidayah mengatakan kepada seluruh SKPD agar mampu memberikan predikat terbaik di SOPD masing-masing.

Dengan Pajak Kobar Jaya. Orang bijak taat bayar pajak. (bapenda kobar)