Aksi Kepedulian Warga Gelar Pembagian Bansos

Pelaksanaan pembagian bantuan swadaya yang berpusat di Rumah Ketua RT 18 Kelurahan Madurejo Selasa (28/4)

MMC Kobar - Adanya bencana non alam yang diakibatkan oleh penyebaran pandemi Covid-19 menimbulkan dampak bagi kehidupan sosial, ekonomi, dan kesejahteraan masyarakat. Hal ini mendorong masyarakat untuk saling berbagi dan tolong-menolong sebagai bentuk rasa kepedulian terhadap sesama. Aksi kepedulian ini dalam rangka membantu dan meringankan pemenuhan kebutuhan terutama bagi masyarakat yang kurang mampu di tengah kondisi pandemi Covid-19 saat ini.

Dalam rangka upaya kepedulian sosial terhadap masyarakat yang terkena dampak pandemi Covid-19, Pemerintah Kecamatan Arut Selatan (Arsel) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) beserta Kelurahan yang ada di wilayah Kecamatan Arsel melakukan kegiatan penyaluran bantuan sosial (bansos) paket sembako, baik yang berasal dari bantuan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kobar maupun dari para relawan, donatur dan swadaya masyarakat.

(Baca Juga : Gelar Social Solidarity, Tim Bold Riders Pangkalan Bun Serahkan 60 Paket Sembako)

Salah satunya adalah kegiatan pembagian bansos secara solidaritas yang dilakukan oleh warga RT 18 Kelurahan Madurejo kepada warga tidak mampu di wilayahnya yang sebelumya tidak termasuk data dalam paket bansos Pemkab Kobar. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Selasa (28/04).

Pada kesempatan tersebut, Lurah Madurejo Sigit Imam Mulya menyampaikan bahwa pembagian bansos ini terutama ditujukan bagi warga yang belum menerima bantuan dari Pemkab Kobar dikarenakan belum terdata. Dan pengadaan paket sembako ini merupakan inisiatif dan swadaya warga RT 18.

“Pada tahap I pembagian bansos dari Pemkab Kobar, sebanyak 42 KK telah menerima bantuan. Dan di lapangan masih ada warga yang belum terdata untuk itu warga RT 18 mengadakan paket sembako secara swadaya,” kata Sigit.

Paket sembako yang disiapkan sebanyak 50 paket sembako berupa minyak, beras, mie instan, dan telur, seperti halnya paket sembako dari Pemkab yang telah disalurkan kepada warga sejak pertengahan bulan April lalu.

“Ini semua merupakan swadaya masyarakat, bisa menjadi solusi bagi RT lainnya di wilayah Kelurahan Madurejo untuk membantu warga yang belum mendapat bantuan di tengah Pandemi ini. Selanjutnya di RT 18 akan dibuat posko relawan untuk menampung donasi-donasi yang masuk, yang nantinya akan disalurkan kepada warga yang benar-benar membutuhkan,” tambahnya.

Di tempat terpisah Camat Arut Selatan (Arsel) melalui Sekretaris Camat, Muhammad Ramlan menyampaikan apresiasi dan dukungan terhadap kegiatan yang dilakukan oleh kelurahan dan desa di wilayah Kecamatan Arsel dalam rangka memberikan pelayanan kepada warga yang bersifat moral, spiritual dan sosial. Diharapkan juga dalam melaksanakan kegiatan agar senantiasa berkoordinasi dan berkomunikasi dengan pihak kecamatan, kelurahan/desa yang lain juga dengan instansi terkait.

“Kami senantiasa memantau kegiatan yang dilakukan oleh kelurahan/desa yang ada di wilayah Kecamatan Arsel sebagai bentuk tanggung jawab terhadap warga. Kami turut mendukung dan memberikan apresiasi kepada lurah, kepala desa maupun warga yang mempunyai rasa kepedulian yang tinggi terhadap sesama terutama dalam melaksanakan kegiatan yang bersifat sosial di tengah kondisi saat ini. Semoga kegiatan pembagian bansos ini dapat bermanfaat khususnya bagi warga yang kurang mampu dan terdampak Covid-19,”, pungkas Muhammad Ramlan. (humas kecamatan Arsel)