Jelang Idul Adha, Takmir Masjid Diberikan Pelatihan Pemotongan Hewan Kurban

Kepala DPKH Kobar Ida Pandanwangi memberikan sambutan dan arahan pada acara pelatihan penyelenggaraan pemotongan hewan kurban di Aula Kantor DPKH Kobar, Rabu (15/8). (DPKH)

MMC KOBAR - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kobar, pada 15 Agustus 2018 lalu, menggelar pelatihan penyelenggaraan pemotongan hewan kurban kepada takmir masjid wilayah Kecamatan Arut Selatan dan Kumai di Aula Kantor DPKH Kobar. Sedangkan untuk empat kecamatan lainnya yang hadir adalah koordinator Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan, dimana para koordinator itu diharapkan dapat berkoordinasi dengan panitia penyelenggara hewan kurban di wilayah masing-masing.

Kepala DPKH Kobar, Ida Pandanwangi menyebutkan bahwa tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada takmir dan panitia penyelenggara hewan kurban tentang tata cara pemotongan hewan kurban yang baik dan benar serta sesuai syariat agama, dalam hal ini daging hewan qurban harus ASUH (Aman, Sehat, Utuh dan Halal).

(Baca Juga : Bupati Kobar Buka Sarasehan GP3M Program Pendidikan Berkelanjutan Tahun 2019)

Selain memberikan pelatihan penyelenggaraan pemotongan hewan kurban, DPKH Kobar melalui Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner juga melakukan pemeriksaan hewan kurban dilapangan untuk memastikan hewan kurban dalam keadaan sehat dan siap dikonsumsi oleh masyarakat. (DPKH)