Dinas TPHP Kobar Serahkan Bantuan Pestisida untuk Petani Desa Palih Baru Kecamatan Kotawaringin Lama

Penyerahan bantuan pestisida oleh Petugas kepada petani Desa Palih Baru, Kecamatan Kotawaringin Lama, Kamis (30/6)

MMC Kobar - Untuk mengatasi serangan hama wereng pada tanaman padi, Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menyerahkan bantuan pestisida untuk petani di Desa Palih Baru Kecamatan Kotawaringin Lama pada Kamis (30/06). Bantuan diserahkan langsung oleh Petugas Dinas TPHP kepada petani.

Petugas Pengendali Organisme Tumbuhan (POPT) wilayah kerja Kecamatan Kotawaringin Lama, Jance Gijoh mengatakan, adanya indikasi serangan hama penyakit Wereng Batang Coklat (Nilaparvata lugens) atau yang sering disebut WBC pada persawahan di Desa Palih Baru Kecamatan Kotawaringin lama. Hama WBC ini menyerang pertanaman padi seluas 6 Ha yang telah tertanam padi varietas inpari 32 berumur 55 hari.

(Baca Juga : Upaya Bangkitkan Perekonomian, Pemerintah Kecamatan Pangkalan Lada Gelar Expo)

Memasuki musim hujan seperti saat ini petani khususnya tanaman padi, diminta waspada terhadap serangan hama penyakit yang sangat cepat berkembang biak.

“Serangan wereng batang coklat ini bisa terjadi pada musim hujan dan musim kemarau yang banyak terjadi hujan (la nina). Apalagi akhir-akhir ini di Palih Baru sering terjadi hujan pada malam hari yang mengakibatkan WBC ini dapat berkembang biak dengan cepat,” ujar Jance Gijoh.

Monitoring serangan hama wereng pada pertanaman padi milik petani Desa Palih Baru, Kecamatan Kotawaringin Lama

Kepala Dinas TPHP melalui Kepala Bidang Tanaman Pangan, Iskandar mengatakan informasi yang cepat dari masyarakat ataupun dari POPT tentang adanya serangan hama penyakit tanaman sangat membantu dalam mengendalikan maupun mengatasi serangan.

“Dengan adanya jalinan komunikasi yang baik antara Petugas POPT, Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) yang ada di desa ini mempercepat informasi ke dinas, sehingga apabila terjadi serangan hama penyakit seperti ini bisa langsung kita tindak lanjuti guna mengamankan pertanaman tanaman pangan khususnya tanaman padi,” tutur Iskandar.

Lebih lanjut Iskandar mengatakan bahwa Dinas TPHP bertugas membantu para petani dalam mengatasi hama penyakit yang menyerang tanaman sehingga petani diharapkan dapat segera melaporkan apabila ada indikasi terjadinya serangan hama penyakit pada tanamannya.

“Laporan adanya indikasi serangan penyakit pada tanaman, kami harapkan dapat sesegera mungkin disampaikan kepada kami, melalui PPL atau POPT yang ada di lapangan, agar dapat segera ditangani dengan memberikan bantuan pestisida maupun obat-obatan sesuai keperluannya,” lanjut Iskandar.

Dengan adanya bantuan pestisida ini, Munjaini, petani Desa Palih Baru Kecamatan Kotawaringin Lama sangat berterimakasih karena dapat membantu mengatasi serangan hama penyakit sehingga petani tidak mengalami kerugian yang lebih banyak lagi.

“Kami atas nama petani Desa Palih Baru berterimakasih dengan adanya respon cepat Dinas TPHP yang langsung memberikan bantuan pestisida guna mengamankan pertanaman padi kami,” ujar Munjaini.

“Kami berharap bantuan ini dapat kami gunakan seoptimal mungkin untuk mengatasi serangan hama penyakit ini dan dapat mengamankan pertanaman kami hingga panen nanti,” tutupnya. (arf/dtphp kobar)

Serangan Hama Penyakit Wereng Batang Coklat (Nilaparvata lugens) atau yang dikenal dengan wereng WBC