4 Anggota Tagana Kobar Wakili Kalteng Ikuti Jambore  Nasional di Jabar

(Foto bersama) - Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos Kobar Bambang Sujatmiko beserta 4 anggota Tagana Kobar yang akan mewakili Provinsi Kalteng dalam Kegiatan Bakti Sosial dan Jambore Tagana Tingkat Nasional di Pangandaran Jawa Barat pada tanggal 28 Maret - 1 April 2021.

MMC Kobar - Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) selaku induk dari Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kobar, mengirimkan empat orang anggota terbaiknya untuk mengikuti kegiatan Bakti Sosial dan Jambore Tagana Tingkat Nasional. Kegiatan ini  merupakan rangkaian Peringatan HUT Tagana ke-17 Tahun 2021 yang pelaksanaannya dipusatkan di tempat wisata Pangandaran, Provinsi Jawa Barat (Jabar).

Menurut Kepala Dinas Sosial Kobar, Akhmad Yadi, yang ditemui di ruang kerjanya Kamis (25/3), mengatakan 4 orang Anggota Tagana dari Kobar terpilih mewakili Kalimantan Tengah untuk mengikuti kegiatan Bakti Sosial dan Jambore Tingkat  Nasional Tahun 2021 di Jawa Barat.

(Baca Juga : Pj Bupati Kobar : Gemapatas Memiliki Arti Penting Untuk Mengurangi Konflik Masyarakat)

"Dalam rangka Peringatan HUT Tagana ke-17 Tahun 2021, Kementerian Sosial RI mengadakan kegiatan  Bakti Sosial dan Jambore Tingkat Nasional yang akan digelar di Pangandaran Jawa Barat. Dan untuk tahun ini, empat orang anggota Tagana terbaik Kobar dipercaya untuk mewakili Provinsi Kalimantan Tengah,” ucap Yadi.

Lebih lanjut Akhmad Yadi menuturkan, Jambore Nasioanal tersebut rencananya akan dilaksanakan mulai tanggal 28 Maret - 1 April 2021. Kegiatannya selain bakti sosial juga akan diadakan Uji Kompetensi Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana.

"Untuk Jambore kali ini akan digelar kegiatan Bhakti Sosial dan Uji Kompetensi Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana melalui Lomba Water rescue, Vertical rescue, PPGDA (Penanggulangan Penderita Gawat Darurat Bencana) dan Fisiko sosial,” lanjut Yadi.

Akhmad Yadi selain mengucapakan selamat, juga menaruh harapan besar kepada anggota Tagana yang terpilih agar bisa melakukan usaha terbaik. Dia juga menerangkan betapa pentingnya mitigasi bencana untuk mengurangi risiko bencana, baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana.

"Selamat berjuang teman-teman Tagana yang terpilih, harus semangat selalu menjaga nama baik dan menjadi kebanggaan daerah. Komitmen Tagana untuk tetap tanggap terhadap kebencanaan sebagai bagian dari mitigasi bencana harus terus didukung dan pemerintah sudah seharusnya memberikan ruang dan pengetahuan yang seluas-luasnya bagi Tagana dan masyarakat dalam antisipasi kebencanaan," tutupnya.

Di tempat terpisah dikutip dari Kantor Berita Antara, Kepala Dinas Sosial Kalteng Rian Tangkudung melalui Sekretarisnya Budi Santoso di Palangka Raya, Rabu, mengatakan, kegiatan yang dipusatkan di obyek wisata Pangandaran tersebut dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-17 Tagana.

"Jadi yang berangkat itu hanya perwakilan saja, karena di tengah pandemi Covid-19 seperti ini, sehingga orang-orang yang dikirim sedikit. Semoga saja kecintaan mereka terhadap tanah air serta sosial mereka setelah mengikuti kegiatan tersebut terus tumbuh dan bisa ditularkan kepada rekan-rekannya yang berada di kabupaten kota yang ada di Provinsi Kalteng, bebernya,” terang Budi. (dinsos kobar)