Puluhan Ribu Masyarakat dari Berbagai Daerah Hadiri Haul Akbar Kiai Gede

Puluhan ribu jamaah dari berbagai daerah mengikuti rangkaian acara Haul Akbar Kiai Gede Tahun 2023 yang digelar di kompleks pemakaman Kiai Gede Kecamatan Kotawaringin Lama, Minggu (5/2/2023)

MMC Kobar  Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menggelar acara Haul Akbar Kiai Gede Tahun 2023, Minggu (5/2). Acara yang digelar di kompleks pemakaman Kiai Gede Kecamatan Kotawaringin Lama ini dihadiri puluhan ribu masyarakat dari berbagai daerah, baik dari Kabupaten Kobar hingga dari Kabupaten Sukamara dan Lamandau.

Acara ini dihadiri Pj Bupati Kobar Anang Dirjo, Walikota Palangka Raya Fairid Naparin, Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalteng Abdul Razak, unsur Forkopimda Kobar, Wakil Bupati Sukamara Ahmadi, Wakil Bupati Lamandau Riko Purwanto, kepala OPD lingkup Pemkab Kobar, tokoh agama, tokoh masyarakat dan organisasi masyarakat. Acara yang masuk dalam Calender of Event Kabupaten Kobar Tahun 2023 ini menghadirkan salah satu ulama terkenal yakni Ustad M.Subkhi Al-Bughury.

(Baca Juga : Kurangi Jumlah Arsip Statis, DPMPTSP Kobar Serahkan Arsip Statis kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan)

Dalam sambutannya Anang Dirjo mengucapkan terima kasih dan apresiasinya kepada seluruh panitia dan masyarakat Kecamatan Kotawaringin Lama sehingga acara Haul Akbar Kiai Gede dapat terselenggara dengan lancar. 

Pj Bupati Kobar Anang Dirjo bersama Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Tengah Abdul Razak dan unsur Forkopimda Kobar turut menghadiri Haul Kiai Gede

Pj Bupati mengajak kepada seluruh jamaah yang hadir untuk meneladani hidup Kiai Gede, walaupun memiliki ilmu agama yang sangat luas namun tetap rendah hati dan tawaddhu.

“Kiai Gede adalah seorang ulama yang sarat dengan keteladanan dalam menyebarkan agama Islam dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan. Beliau dapat menerima tradisi lokal dalam praktik keagamaan selama hal tersebut tidak bertentangan dengan ajaran agama Islam,” kata Anang Dirjo.

Pada momentum haul ini juga, Pj Bupati mengajak semua elemen masyarakat untuk dapat bekerja sama dengan berbagai pihak yang dapat meningkatkan kualitas Pendidikan Islam agar mampu mengimbangi kemajuan dan perkembangan zaman. (fnd/diskominfo kobar)

Penceramah Ustad M.Subkhi Al-Bughury