Pemkab Gunung Mas Jalin Kerjasama Penerapan e-Kinerja dengan Pemkab Kobar

MMC Kobar - Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) adalah daerah pertama di wilayah  provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) yang menerapkan aplikasi e-kinerja dan telah berjalan sejak tahun 2018. Oleh karena itu, Kobar menjadi role model bagi daerah-daerah lain di wilayah Kalteng dalam penerapan aplikasi e-kinerja.

Aplikasi e-kinerja ini juga telah berdampak baik bagi peningkatan kinerja aparatur sipil negara, sehingga tidak mengherankan sejumlah daerah di Kalteng telah melakukan kunjungan ke Pangkalan Bun dalam rangka studi tiru. Pemkab Kobar sendiri selalu menyambut baik setiap daerah yang mengajukan sharing pengalaman ataupun pendampingan penerapan aplikasi e-kinerja.

Dan yang terbaru adalah dari Kabupaten Gunung Mas. Setelah beberapa waktu lalu beberapa pejabat di lingkungan pemkab Gunung Mas melaksanakan kaji tiru ke Pangkalan Bun, Pemkab Gunung Mas memutuskan untuk menjalin kerjasama dengan Pemkab Kobar terkait penerapan aplikasi e-kinerja.

Kerjasama ini ditandai dengan pertemuan sekaligus penandatangan nota kesepahaman (MoU) yang dilaksanakan secara virtual pada selasa (13/4). Penandatangan dilakukan oleh Bupati Gunung Mas dan Wakil Bupati Kobar.

Wakil bupati Ahmadi Riansyah menjelaskan penerapan aplikasi e-Kinerja di Kobar yang telah berjalan sejak 2018 telah memberikan sejumlah dampak positif. Pertama, disiplin pegawai khususnya soal kepatuhan jam kerja meningkat signifikan.

“Setiap pegawai sadar bahwa keterlambatan akan berdampak langsung secara otomatis pada take home pay mereka yang akan berkurang,” kata Ahmadi. Kedua, produktivitas kerja dari setiap pegawai meningkat sehingga meniadakan asumsi umum selama ini bahwa bekerja atau tidak gajinya sama.

“Ketiga, menyangkut capaian kinerja pemerintah daerah. Setiap pegawai tidak sekedar sibuk namun capaian kinerjanya jelas, dalam hal ini, setiap pegawai terukur telah melakukan kerja apa saja untuk mewujudkan capaian target RPJMD dan Renstra dalam mendukung capaian visi misi bupati,” ungkap Ahmadi.

Ahmadi juga berharap penandatangan kesepakatan bersama ini semakin meningkatkan hubungan baik antara Pemkab Gunung Mas dan Pemkab Kobar. “Harapannya, hal ini menjadi bagian upaya bersama untuk memajukan Kalimantan Tengah yang kita cintai,” pungkas Ahmadi. (prokom kobar)