DPMD Gelar Penilaian Lomba Pasar Desa Tingkat Kabupaten Kobar

Kabid DPMD Kobar, Roomhendi Mustofa saat menyampaikan sambutannya pada kegiatan penilaian lomba desa di Desa Sidomulyo Kecamatan Pangkalan Banteng, kamis (21/01/2019). (DPMD Kobar)

MMC Kobar - Berbagai upaya dilakukan pemerintah daerah untuk mengembangkan desa menjadi lebih maju. Salah satunya melalui Lomba Pasar Desa, baik dari tingkat Kabupaten sampai dengan tingkat Provinsi. Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melalui Bidang Pemberdayaan Usaha Ekonomi Masyarakat dan Desa telah menggelar Penilaian Lomba Pasar Desa Tingkat Kabupaten Kobar Tahun 2019 yang dilaksanakan pada 5 pasar desa yang tersebar di 5 kecamatan Se Kabupaten Kobar.

Adapun 5 pasar desa yang ikut berpartisipasi pada Lomba Pasar Desa Tingkat Kabupaten Kobar Tahun 2019 adalah Pasar Desa Sido Mulyo Kecamatan Pangkalan Banteng yang penilaian dilaksanakan pada tanggal 21 Januari 2019, Pasar Desa Sari Gede Kecamatan Arut Selatan tanggal 23 Januari 2019, Pasar Desa Despot Kecamatan Kotawaringin Lama tanggal 24 Januari 2019 dan Pasar Desa Bumi Harjo Kecamatan Kumai tanggal 25 Januari 2019.

(Baca Juga : Anak Muda Harus Berani Berinovasi Hadapi Tantangan)

Tim Penilai terdiri dari Dinas PMD, Disperindagkop dan UMKM dan Tenaga Ahli Pemberdayaan Ekonomi Perdesaan P3MD, sebanyak 5 orang. Adapun parameter, kriteria dan instrumen penilaian terdiri dari 15 instrumen beberapa diantaranya adalah Kepemilikan lahan/tanah lokasi Pasar Desa, bangunan Pasar Desa, Partisipasi Masyarakat, penggunaan pendapatan pasar desa, pengelolaan keuangan pasar desa, administrasi pasar desa, kebersihan lingkungan serta jenis pasar desa.

Diharapkan dengan kegiatan ini menjadi motivasi untuk pemerintah desa untuk lebih mendorong upaya pembinaan dan pengembangan pasar desa agar dapat berjalan lebih baik lagi, melalui penganggaran dalam APBDes untuk peningkatan sarana prasarana pasar desa, maupun pembinaan manajemen dan peningkatan kapasitas pengelola pasar desa yang merupakan salah satu lembaga ekonomi di desa yang diharapkan mampu memberikan sumbangan bagi PADes di masa yang akan datang. (DPMD Kobar)