Dinas PMD Kobar Dampingi BKAD Kecamatan Pangkalan Lada dan BUMDes Bersama Lada Mandiri Sejahtera Studi Banding Ke Kabupaten Tasikmalaya

MMC Kobar - Dalam rangka peningkatan kualitas kelembagaan, BKAD Kecamatan Pangkalan Lada didampingi Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) berkunjung ke PT BUMDesa ”Panca Mandala”, Desa Mandala Mekar, Kecamatan Jati Waras, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat pada Kamis (6/2).

Kepala Dinas PMD Kabupaten Kobar melalui Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Ekonomi Masyarakat (PUEM), Roomhendi Mustofa, mengatakan tujuan pendampingan ini untuk mendorong semangat BKAD serta membagi informasi kepada BKAD kecamatan lainnya. PT BUMDesa Panca Mandala dirasa sangat layak untuk dijadikan tujuan studi banding.

(Baca Juga : Dinas P3AP2KB Kobar Gelar Radalgram Bangga Kencana)

Studi Banding ini bertujuan untuk mengenali dan mengetahui kegiatan usaha yang telah dilaksanakan oleh BUMDesMa Panca Mandala terkait dengan pengembangan layanan internet, pengembangan IT, Peternakan, Pengembangan holtikultura, dan multimedia kunjungan lapangan ke lokasi usaha.

Selain itu juga dalam rangka peningkatan kapasitas pengelola BUMDesa Bersama Lada Mandiri Sejahtera melalui kegiatan Amati, Tiru dan Modifikasi (ATM) terkait peluang usaha yang telah  dijalankan oleh BUMDesMa Panca Mandala untuk penerapan oleh BUMDes Bersama Lada Mandiri Sejahtera di Kecamatan Pangkalan Lada yang memiliki karakteristik yang hampir sama dengan usaha yang telah dijalankan oleh BUMDesMa Panca Mandala.

BUMDesa Bersama “Panca Mandala” didirikan oleh 5 desa di wilayah Kecamatan Jati Waras Kabupaten Tasik Malaya yakni Desa Mandala Mekar, Desa Mandala Hurip, Desa Papayan dan Desa Ciwarak melalui Peraturan Bersama Kepala Desa Nomor 1 Tahun 2015 tentang kerjasama antar desa.

PT BUMdesa Panca Mandala didirikan pada tanggal 14 April 2016 dengan jenis kegiatan usaha antara lain pemberdayaan masyarakat dan perkembangan bisnis di bidang TIK, pendidikan dan pelatihan berbasis IT, Peternakan Domba, Pengolahan kayu/bambu untuk bahan gulungan kabel, pembuatan menara penguat sinyal (BTS), pengembangan holtikultura (komoditas buah manggis dan Durian), serta multimedia (Penyewaan sound sistem dan jenis audio visual lainnya).

Saat ini yang telah berkembang adalah Pengembangan TIK dengan membantu desa dalam pengelolaan aplikasi Sistem Informasi Desa dan Kawasan (SiDeKa), meliputi administrasi desa, profil desa, keuangan desa, Aset Desa, Kependudukan dan Pemetaan wilayah Desa bekerjasama dengan Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melalui Bakti Kominfo dan telah mendampingi sebanyak 7.323 desa dan juga mendampingi/ fasilitasi layanan internet untuk 22 lokasi / didesa di 7 Kecamatan.

Dengan pendampingan desa tersebut, maka BUMDesaMa Panca Mandala juga melakukan pengembangan dan menjadi pusat pendidikan dan pelatihan IT Training Center (TIK) bekerjasama dengan sarjana muda lulusan IT yang ada dikawasan perdesaan Kecamatan Jati Waras Kabupaten Tasik Malaya.

Studi Banding ini dilaksanakan pada tanggal 6-9 Februari 2020 selama 4 hari dengan kunjungan lapangan ke BUMDesaMa Panca Mandala Desa Mekar Kecamatan Jati Waras Kabupaten Tasik Malaya Provinsi Jawa Barat.

Dari hasil kegiatan study banding di BUMDesMa Panca Mandala Kecamatan Jati Waras Kabupaten TasikMalaya, dapat disimpulkan serta disarankan untuk model pengembangan usaha yang memiliki karakteristik yang hampir sama dan dapat dikembangkan di BumDes Bersama Lada Mandiri Sejahtera di Kecamatan Pangkalan Lada antara lain pertama, pengembangan fasilitasi program “SiDeKa” (Sistem Informasi Desa dan Kawasan) melalui kerjasama denagn programmer IT yang ada.

Kedua, pengembangan peternakan model pemberdayaan masyarakat dengan sistem indukan dan penggemukan dan pola integrasi sawit –sapi.

Ketiga, fasilitasi pengembangan domain, website desa melalui pendirian pusat pelatihan dan pengembangan IT yang dikelola oleh BumdesaMa bekerjasama dengan ahli IT.

Dan yang terakhir, pengembangan multimedia berbasis jasa pembuatan photograpy event, videography event, jasa short movie, short movie full drone, videography preweeding, juga mengembangkan jasa desain grafis seperti undangan, brosur, benner, baliho, kartu nama dll. (dpmd kobar