Bupati Kobar Berikan Kemudahan Investasi Bagi Pengembang Produk Spirulinna

MMC Kobar – Pemkab Kobar melalui Dinas Penanaman Modal dan Perijinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) telah mengikuti kegiatan Apkasi Otonomi Expo 2019 yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan Jakarta tanggal 3-5 Juli 2019. Kegiatan yang diinisiasi Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) ini diselenggarakan setiap tahun dan tahun ini diikuti oleh 53 pemerintah kabupaten seluruh indonesia.

Dalam kegiatan ini Pemkab Kobar menampilkan berbagai potensi unggulan baik dari sektor pertanian, pertambangan, pariwisata, peternakan maupun perikanan. Dengan berbagai produk unggulan stand Pemkab Kobar menjadi salah satu stand yang menjadi kunjungan favorit investor yang melihat peluang investasi di Kabupaten Kobar.

(Baca Juga : Pedagang Pasar Ramadhan Dapat Sosialisasi Keamanan Pangan)

Salah satu investor yang bergerak dalam bidang perikanan khususnya dalam pembudidayaan dan pengolahan Spirulinna, PT. Enerdaia memanfaatkan peluang ini untuk bisa melihat lebih jauh potensi pengembangan spirulinna di kabupaten Kobar.

Menurut Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kobar, Ir. Rusliansyah, M.Si bahwa PT. Enerdaia merupakan investor luar (PMA) yang telah lama merintis usaha pengembangan pengolahan dan pembudidayaan spirulinna di kabupaten Kobar yang difokuskan di Desa Teluk Bogam, akan tetapi saat ini terkendala dengan beberapa perijinan.

Namun demikian, Bupati Kobar, Hj. Nurhidayah berjanji Pemkab Kobar akan memberikan kemudahan dan pelayanan yang baik agar investasi dari para investor apalagi investor asing (PMA) dapat berjalan dengan baik dan mampu mendorong perekonomian daerah.

Sementara itu, Santy sebagai perwakilan dari PT. Enerdaia mengatakan bahwa komitmen dari perusahaan untuk mengembangkan spirulinna di Kabupaten Kobar dan menjadikan branding produk daerah, dimana produk spirulinna dari PT. Enerdaia akan menjadi produk pertama di Indonesia sebagai produk spirulinna sebagai kategori Food Grade.

Sebagai informasi, Spirulina adalah ganggang hijau-biru yang tumbuh secara alami di lautan atau danau asin pada wilayah dengan iklim subtropis. Spirulina adalah sumber nutrisi terbaik abad ini yang kandungannya 100% berasal dari alam. Spirulina bernama latin Arthrospira platensis dan Arthrospira maxima.

Spirulina terdapat di berbagai belahan dunia, dan sering digunakan sebagai makanan tambahan serta sebagai makanan lengkap dan diproduksi dalam bentuk tablet, kepingan, serbuk dan juga cairan. Spirulina juga digunakan sebagai makanan binatang tambahan untuk industri akuakultur, akuarium dan ternakan ayam. (razak&manis/diskan kobar)