Warga Sangat Antusias Ajukan Permohonan Bibit Gratis

Kasi Kerusakan Lingkungan Hidup & Tahura, Kasi Pencemaran Lingkungan dan Petugas Pembagi Bibit berfoto bersama para pemohon bibit gratis usai pembagian bibit, Jumat (6/12). (Foto : dok. DLH Kobar)

MMC Kobar - Pembagian bibit gratis yang disalurkan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mendapat antusiasme warga. Hal itu terlihat pada pengajuan permohonan baik perorangan maupun instansi yang pada hari Senin (9/12) terkumpul 150 berkas.

Pembagian bibit gratis yang mempunyai tahapan diawali dengan pengajuan permohonan, verifikasi berkas, daftar ulang dan pengambilan bibit diselenggarakan lebih kurang 1 minggu sejak Senin (2/12) yang lalu.

(Baca Juga : Persiapan Angkutan Lebaran 2019, Dishub Gelar Inspeksi Keselamatan)

Menurut Kepala DLH Kobar yang disampaikan oleh Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup (PPKLH) Syahyani mengatakan bibit yang dibagikan ini merupakan bibit buah-buahan produktif yang berkualitas.

“Bibit ini merupakan bibit hasil okulasi dan sambung pucuk,” ujar Syahyani.

Sementara itu, salah satu pemohon ketika ditemui saat pengambilan bibit mengatakan bahwa mereka sangat gembira dengan adanya pembagian bibit gratis ini.

“Saya sangat berterima kasih dengan adanya pembagian bibit gratis ini, karena bibit buah-buahan yang dijual di pasaran sangat mahal berkisar antara 75-100 ribu per pohon,” ujarnya.

DLH Kobar sepanjang tahun 2019 ini telah membagikan secara gratis berbagai jenis tanaman kehutanan, dan ini kali pertama membagikan bibit buah-buahan.

"Melihat antusiasme warga yang sangat banyak, maka diupayakan pada tahun- tahun mendatang kami akan membagikan kembali,” pungkas Syahyani. (karlan08/dlh.kobar)