Tingkatkan Nilai SAKIP Pemkab Kobar, Inspektorat Lakukan Pendampingan

MMC Kobar - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) wajib mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugas pokok, sehingga perlu adanya pelaporan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah. Untuk itu, Inspektorat Kabupaten Kobar menggelar Rapat Koordinasi Pendampingan Evaluasi SAKIP tahun 2019 di Aula Inspektorat Kobar, Jumat (4/10).

Kegiatan yang di ikuti 37 SOPD di lingkungan Pemkab Kobar tersebut bertujuan meningkatkan  nilai SAKIP tingkat Pemda Kobar yang sejatinya sebagai bentuk akutabilitas kinerja Pemkab Kobar untuk setiap SOPD. 

Inspektur Kabupaten Kotawaringin Barat pada sambutannya saat membuka acara tersebut menyampaikan bahwa target nilai SAKIP Pemkab Kobar adalah kategori BB. 

"Perintah Ibu Bupati agar seluruh SOPD dievaluasi SAKIPnya. Untuk itu kami mengundang bapak ibu sekalian. Saat ini Rata-rata nilai SAKIP SOPD adalah cc, padahal target kita bb. Maka kami dari Inspektorat mengambil peran untuk melakukan pendampingan evaluasi di masing-masing SOPD" kata Agus Suparji.

Inspektur Kabupaten Kobar menambahkan bahwa tahun 2018 Inspektorat telah mengevaluasi 16 SOPD yang hasilnya belum memuaskan. Sehingga tahun 2019 semua SOPD akan dievaluasi SAKIPnya. 

"Kami sudah memiliki 8 orang yang dilatih terkait evaluasi SAKIP yang siap menjadi Tim Pendampingan. Setelah acara ini Tim Inspektorat akan terus komunikasi kepada SOPD sampai akhir Oktober untuk melakukan pendampingan. Setelah itu kita laporkan ke Bupati dan Kemenpan RB," tambahnya.

Ketua Tim Pendampingan SAKIP, Musahadah memaparkan bahwa penilaian dilakukan sesuai dengan standar Kemenpan RB.

"Evaluasi SAKIP yang kami lakukan sesuai murni sesuai aturan, agar mohon SOPD bisa menyesuaikan dan memenuhi data-data yang kami minta," papar Musahadah yang juga sebagai Auditor di wilayah III.

Kegiatan pendampingan Evaluasi SAKIP diakhiri dengan komitmen bersama kepala SOPD yang hadir untuk melaksanakan evaluasi dan implementasi SAKIP di masing-masing SOPD. (taufik inspektorat kobar)