Tim Gabungan Gelar Simulasi Penanganan Bencana Karlahut

MMC Kobar - Tim Gabungan Penanggulangan Bencana Kebakaran Lahan dan Hutan Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) selama satu hari melaksanakan pengecekan lokasi latihan pertama penempatan titik pelaksanaan simulasi kebakaran lahan dan hutan (karlahut) di area perkebunan PT Citra Borneo Indah (PT CBI), Desa Sulung Kenambui, Kamis (5/7).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kobar Hermon F Lion menjelaskan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka persiapan apel siaga karlahut tahun 2018 yang rencananya akan digelar pada bulan Juli mendatang.

“Kegiatan ini merupakan persiapan penyelenggarakan apel siaga karlahut, yang tahun ini direncanakan diselenggarakan dalam skala provinsi. Persiapan harus benar-benar matang, demi kelancaran pelaksanaan skenario simulasi yang dibuat, kami perlu mengatur personil dan tim yang akan melaksanakan gelar simulasi,” jelasnya.

Hermon menambahkan, personil yang diturunkan pada hari itu berjumlah 33 orang, terdiri dari 2 orang anggota TNI, 2 orang anggota Kepolisian, 6 orang Tagana, 4 orang Damkar, 9 orang Manggala Agni, 10 orang BPBD Kobar dan 4 orang perwakilan dari perusahaan PT CBI.

“Latihan pertama ini merupakan rangkaian latihan sebelum acara apel siaga kebakaran lahan dan hutan dilaksanakan, akan ada latihan kedua dan gladi lagi nantinya.” kata Hermon.

Sementara itu, Kepala Seksi Pencegahan BPBD Kobar Fahrul Laji, mengatakan, “Skenario pemadaman api, dilaksanakan pada tiga titik dengan tiga sistem penanganan, yaitu penanganan darat, udara dan melalui air.”

Simulasi karlahut ini berlangsung lancar dan masing-masing tim penanganan siap melaksanakan latihan pemantapan lanjutan. (BPBD)