Target Meraih Adipura Kencana, Kobar Belajar Ke Balikpapan

Bupati Kobar Hj. Nurhidayah tengah mendengarkan paparan dari Pemkot Balikpapan mengenai pengelolaan sampah - Humas Diskominfo Kobar

MMC Kobar - Kabupaten Kotawaringin Barat menargetkan akan meraih Adipura Kencana, untuk mencapai itu Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat kembali melakukan kaji banding ke Kota Balikpapan Kalimantan Timur beberapa waktu lalu.
Dalam kegiatan Kaji banding itu langsung dipimpin Bupati Kobar Hj Nurhidayah. Dan menurut Bupati bahwa kegiatan kaji banding ke Kota Balikpapan ini dalam rangka untuk belajar mengenai cara memperoleh piala adipura Kencana. Seperti diketahui bahwa Kota Balikpapan Kaltim pernah meraih piala Adipura Kencana.


"Kobar sudah 12 kali memperoleh piala adipura berturut-turut. Tentunya kita mempunyai target yang lebih tinggi yakni adipura Kencana," kata Bupati Kobar Hj Nurhidayah.
Untuk mendapatkan adipura Kencana memang bukan perkara mudah. Pemkab Kobar harus banyak inovasi untuk bisa memperoleh piala adipura Kencana.

(Baca Juga : Jelang Pelaksanaan Studi Terpercaya Berbasis Yurisdiksi, Pemkab Kobar Gelar Diskusi Lanjutan dengan Yayasan Inobu )


"Termasuk kita kaji banding ke Kota Balikpapan supaya kita dapat ilmu agar bisa mendapatkan piala adipura Kencana," jelasnya.
Tentunya ada terobosan yang dilakukan oleh pemerintah Kota Balikpapan ini yang perlu diterapkan di Kobar nantinya. Sehingga untuk mendapat adipura Kencana bisa terwujud.


"Sebelumnya Pemkab Kobar juga kaji banding ke Kota Banjarmasin mengenai pengelolaan masalah sampah. Sehingga ini akan dikaji lebih lanjut untuk. Membuat program yang lebih bagus. Supaya target kita mendapat piala adipura bisa terwujud. Jika tidak tahun 2019 tentunya kita Benahi terus sampai bisa dapat, " harapnya.


Ditambahkan Kadis DLH Kobar Bambang Djatmiko, kunjungan ke sejumlah daerah ini supaya Kobar punya banyak referensi untuk program dan kebijakan masalah lingkungan. Karena Target Kobar adalah piala adipura Kencana.
"Dari kaji banding itu kita mempunyai banyak masukan dan saran, serta kebijakan apa yang harus dibuat pemerintah untuk mendukung program lingkungan. Pengelolaan sampah terus kita perbaiki, pengurangan sampah plastik terus kita lakukan, dan melibatkan banyak relawan." jelasnya.


Serta banyak fokus yang harus dibenahi. Khususnya pemukiman padat penduduk dan bantaran Sungai juga bakal ditambah kotak sampah. Supaya semuanya terlihat bersih dan bebas sampah. (Humas Diskominfo Kobar)