SDN 1 Sidorejo Pangkalan Bun Lakukan Kelas Daring Saat Puasa

MMC Kobar - Meski masih dalam suasana wabah Covid-19 di bulan Ramadhan ini, SDN 1 Siderojo tetap semangat lakukan kelas daring, Rabu (05/05). Kegiatan belajar mengajar tetap berlangsung walaupun siswa dan guru SDN 1 Sidorejo tetap puasa dan berada dirumah karena Covid-19. Alternatif pelayanan maksimal dari SDN 1 Siderojo adalah memberikan kelas daring menggunakan fasilitas e-learning yang terdapat di website www.sdn1sidorejo.sch.id.

SDN 1 Siderojo merupakan salah satu sekolah unggulan di kota Pangkalan Bun. Kepala SDN 1 Sidorejo, H. Nasoka, S.Pd.SD mengambil langkah-langkah dalam situasi waspada Covid-19 untuk memberikan pelayanan pada siswa, antara lain dengan memindahkan pembelajaran di rumah melalui daring, membuat piket guru di sekolah untuk sebanyak 3 orang dari jam 08.00- 11.00 WIB setiap hari, menyemprot lingkungan sekolah dengan desinfektan, dan memantau proses pembelajaran daring melalui jurnal pembelajaran online dari guru setiap hari.

Untuk menyiasati rapat dan komunikasi dengan orang tua siswa, setiap wali kelas mempunyai group WA FKOG (Forum Komunikasi Orang tua siswa dan Guru). Diskusi mengenai pembelajaran juga dilakukan guru dengan siswa SDN 1 Sidorejo menggunakan aplikasi Zoom. Kemudian guru membuat media pembelajaran yang di unggah di Youtube, sehingga siswa bisa membukanya via gadget masing-masing di rumah.

Dalam pembelajaran daring tersebut, SDN 1 Siderejo menerapkan sistematika sesuai RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) pada umumnya, namun lebih disesuaikan dengan cara online saja.

“Sistematika pembelajaran daring tetap mengacu pada RPP yang baku, yaitu pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup. Ketiganya di upload melalui WA, youtube dan website sekolah,” terang H Nasoka.

Kepala Dinas DikBud Kobar, Rosihan Pribadi memberikan semangat kepada seluruh guru SDN 1 Siderojo untuk selalu berkreatif dalam melaksanakan pembelajaran daring, meski dalam kondisi seperti saat ini.

“Saya sangat mengapresiasi kepada kepala dan guru SDN 1 Siderejo sebagai pelopor pembelajaran daring, agar bisa menjadi contoh dan share kepada teman sejawat di sekolah lainnya. Kita tidak tahu kapan musibah ini berakhir, namun kita harus tetap semangat memberikan ilmu kepada siswa,” tutur Rosihan.

Untuk memotivasi guru agar tetap keratif dan semangat, sesama guru SDN 1 Sidorejo memiliki triks sendiri.

“Kami sesama guru saling berdiskusi melalui aplikasi Zoom dan WA group untuk pembuatan media pembelajaran dan soal bagi siswa. Untuk menarik minat siswa kami saling membantu membuat video pembelajaran yang menarik di youtube sekolah/ channel guru,” imbuh Ketua Tim Pengembang Kurikulum SDN 1 Sidorejo, Hasbullah Jaini. (humas disdikbud kobar)