Rute Penerbangan Pangkalan Bun - Surabaya Akan Kembali Dibuka

MMC Kobar - Setelah sebelumnya rute penerbangan Pangkalan Bun – Jakarta Pulang dan Pergi (PP) dan Pangkalan Bun – Semarang (PP) dibuka pada akhir bulan Juni 2020 lalu, kini akan kembali dibuka rute penerbangan Pangkalan Bun – Surabaya (PP).

Saat kondisi dan situasi merebaknya pandemi Covid-19 di seluruh wilayah Indonesia tanpa terkecuali di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), aktifitas penerbangan di Bandar Udara (Bandara) Iskandar Pangkalan Bun sempat terhenti/ ditutup sementara waktu untuk mengantisipasi penyebaran pandemi Covid-19 disektor transportasi udara.

Bupati Kobar, Hj Nurhidayah menggelar rapat koordinasi bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) untuk membahas pembukaan kembali rute penerbangan Pangkalan Bun – Surabaya (PP).

“Diperlukan saran dan masukan dari forum rapat untuk memutuskan bersama terkait pembukaan kembali rute penerbangan Pangkalan Bun – Surabaya (PP) dengan mengutamakan aspek kesehatan dan keselamatan ditengah situasi pandemi Covid-19 saat ini.” Ujarnya.

Dengan meningkatnya animo masyarakat untuk melakukan perjalanan dengan menggunakan transportasi udara khususnya rute Pangkalan Bun – Surabaya (PP) serta menindaklanjuti surat edaran Menteri Perhubungan (Menhub) Republik Indonesia (RI) nomor 13 tahun 2020 tentang operasional transportasi udara dalam masa kegiatan masyarakat produktif dan aman Covid-19.

Kemudian Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kobar, Fitriyana menyampaikan bahwa dengan mempertimbangkan berbagai aspek, untuk memutuskan kembali pembukaan rute penerbangan Pangkalan Bun – Surabaya (PP).

“Setelah sebelumnya telah membuka rute penerbangan Pangkalan Bun – Jakarta (PP) dan rute penerbangan Pangkalan Bun – Semarang (PP), saat ini perlu disikapi bersama dengan memperhatikan berbagai aspek baik kesehatan, keselamatan, dan keamanan untuk membuka kembali rute penerbangan Pangkalan Bun – Surabaya (PP),” terang Fitriyana pada Senin (3/08).

Secara garis besar dengan dibuka kembali rute penerbangan Pangkalan Bun – Surabaya (PP) akan menumbuhkan kembali sektor perekonomian, sektor pariwisata, dan sektor lainnya  yang sempat anjlok akibat pandemi Covid-19.

“Forum menyetujui dan sepakat akan membuka kembali rute penerbangan Pangkalan Bun – Surabaya (PP) dengan mempertimbangkan berbagai aspek. Saat New Normal sekarang ini diperlukan ketangguhan kita semua selalu mematuhi protokol kesehatan, makan makanan dengan asupan gizi seimbang untuk membentuk imun yang kuat supaya bisa membendung dan mengantisipasi terpapar dari Covid-19,” terang Hj Nurhidayah.

“Selanjutnya pemerintah kabupaten Kobar melalui Dishub Kobar segera menyurati pihak operator maskapai untuk kembali membuka rute penerbangan Pangkalan Bun - Surabaya (PP) serta diharapkan kepada semua pihak untuk rutin mengkampanyekan protokol kesehatan kepada masyarakat,” pungkasnya. (dishub kobar)