Rapat Kerja Pemerintahan Desa se-Kalteng Tahun 2020

Camat Arsel bersama Kades Rangda, Natai Raya, Medang Sari dan Umpang dalam Kegiatan Raker Pemdes se Kalteng di Palangka Raya, Senin (21/9/2020)

MMC Kobar - Berdasarkan pasal 114 Undang Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, Pemerintah Provinsi (Pemprov) memiliki tugas pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan desa. Oleh karena itu Pemprov Kalimantan Tengah (Kalteng) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinas PMD) menyelenggarakan Rapat Kerja (Raker) Penyelenggaraan Pemerintahan Desa (Pemdes) Tahun 2020, sesuai dengan surat Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah nomor : 411.1/606/DPMDes/IX/2020 tanggal 11 September 2020 tentang Undangan Rapat Kerja Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Tahun 2020.

Kegiatan ini diikuti oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten, Camat dan seluruh kepala desa se-Kalteng atau diwakili oleh perangkat desa. Kegiatan Raker Pemdes dilaksanakan di dua lokasi berbeda, yaitu di Aula Jayang Tingang dan Aula Bappeda Provinsi Kalteng, Palangka Raya. Hal ini dilaksanakan dalam rangka penerapan protokol kesehatan.

(Baca Juga : Badan Kesbangpol Kobar Gelar Sosialisasi Penyusunan Laporan Pertanggungjawaban Bantuan Keuangan Parpol)

Kegiatan dilaksanakan mulai tanggal 16-26 September 2020 yang terbagi dalam 4 angkatan. Dan untuk Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mendapat jadwal pada angkatan II yaitu mulai tanggal 20-22 September 2020 dan angkatan III yaitu mulai tanggal 22-24 September 2020. Pemerintah Desa di wilayah Kecamatan Arut Selatan (Arsel) turut berpartisipasi pada kegiatan tersebut.

Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran memberikan arahan tentang kebijakan Pemerintah Daerah Provinsi Kalteng Tahun 2020 dari Aula Jayang Tingang, sedangkan di Aula Bappeda Provinsi mengikuti melalui live streaming. Narasumber kegiatan berasal dari anggota Komisi III DPR RI, Kejati Provinsi Kalteng, Kapolda Provinsi Kalteng dan instansi terkait.

Camat Arsel Muhammad Ramlan yang ikut mendampingi peserta dari Kecamatan Arsel pada Senin (21/9) menyampaikan rasa terima kasih dan harapannya pada pemerintah Pemprov Kalteng atas terselenggaranya Raker Pemdes se-Kalteng.

“Kami selaku Camat Arut Selatan berterima kasih kepada Pemprov Kalteng, kepada Bapak Gubernur H Sugianto Sabran yang telah menyempatkan hadir dan memberikan motivasi, serta menyampaikan program - program kerja baik yang sudah dilaksanakan, sedang dilaksanakan dan yang akan dilaksanakan kepada seluruh peserta yang hadir,” ucap Ramlan.

“Dalam raker tersebut banyak dibicarakan terkait penyelenggaraan pemerintahan desa mulai dari perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi,” ungkap Ramlan.

Camat Arsel Muhammad Ramlan menyampaikan beberapa usulan, diantaranya mengusulkan kepada Pemprov agar bisa mendorong masuknya jaringan PLN di semua desa dalam wilayah Kecamatan Arsel, seperti di desa Sulung, Kenambui, Runtu, Rangda, Umpang, Medang Sari. Selain itu juga mengusulkan agar tower telkomsel bisa berdiri di wilayah desa yg tidak ada signal. Dan mendorong dan mempercepat pembangunan jalan lingkar penghubung antar desa sehingga akses masyatakat akan lebih cepat, singkat dan aman. (kec-arsel)