Puluhan Ribu Jamaah Hadiri Haul Akbar Kyai Gede ke-12

MMC Kobar - Haul Akbar Kyai Gede Ke -12 Tahun 2020 berjalan lancar dan hikmat. Kegiatan yang digelar pada hari minggu (15/03) berpusat di Komplek Makam Kyai Gede Kelurahan Kotawaringin Hulu Kecamatan Kotawaringin Lama, diperkirakan dihadiri oleh puluhan ribu jamaah.

Hal ini terbukti dengan tidak tertampungnya jamaah pada tenda-tenda yang telah disediakan panitia yang diperhitungkan mampu menampung 20 ribu lebih jamaah, sehingga jamaah haul membludak sampai ke jalan-jalan, Area Astana Alnursari dan disekitar Makam Kuta Tanah.

Gelaran Haul Akbar tahun ini semakin istimewa karena selain hadirnya para Ulama diantaranya Al Habib Muhammad Bin Muhdor Al Attas dan  Ustadz Gusti Zulkifli, S.Pd.I  serta ulama-ulama lain, juga berkesempatan dihadiri oleh Gubernur Kalteng, Bupati, Wakil Bupati, Ketua DPRD, Unsur Forkopimda Kobar serta beberapa kepala daerah dari sekitar Kobar seperti Lamandau dan Sukamara.

Kegiatan Haul yang dimulai tepat pada pukul 07.00 WIB diawali dengan pembacaan tahlil akbar, selanjutnya dirangkai dengan sambutan panitia, sambutan Bupati Kobar, Sambutan Gubernur Kalteng, Tahlil Kyai Gede, dan ditutup dengan tausiah dan do’a yang disampaikan oleh Ustadz Gusti Zulkifli dan Al Habib Muhammad Bin Muhdor Al Attas, sampai acara selesai pada pukul 12.00 WIB tampak puluhan ribu jamaah hikmat mengikuti sampai selesai.

Dalam sambutannya Gubernur Kalteng Sugianto Sabran menyampaikan bahwa semakin tahun jumlah jamaah haul yang hadir semakin bertambah, bukan hanya dari wilayah Kalteng namun juga dari wilayah luar, seperti Kalsel, Kalbar, dan Kaltim, hal ini tidak terlepas karena telah rampungnya penyelesaian ruas jalan Pangkalan Bun – Kotawaringin Lama. Untuk mendukung kegiatan haul di tahun-tahun mendatang gubernur kalteng akan mengupayakan pembangunan di wilayah Komplek Makam Kyai Gede.

“Dengan nama Allah SWT, saya akan membantu pembangunan prasarana dan infrastruktur makam ini,” kata Sugianto.

Sementara itu Bupati Kobar menyampaikan apresiasi kepada panitia pelaksana dan semua yang terlibat dalam haul akbar yang telah mewujudkan suksesnya kegiatan ini. Beliau juga menyampaikan jika kegiatan ini memiliki makna spiritual dan pesan keteladanan, sisi spiritual sebagai pengingat akan kematian. Dan memiliki pesan keteladanan, dimana Kyai Gede telah berjasa di dalam penyebaran dan syiar Islam khususunya di wilayah Kobar dan Kalteng pada umumnya.

“Jasa beliau patut kita jadikan panutan bagi kita semua generasi sekarang, agar selalu berbuat kebaikan serta menjadikan diri bermanfaat bagi agama, bangsa dan Negara,” pesan Hj Nurhidayah.

Camat Kotawaringin Lama Nahwani, yang bertindak atas nama panitia sekaligus tuan rumah Haul Akbar Kyai Gede, menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi tingginya kepada semua pihak yang terlibat sehingga gelaran haul akbar terlaksana dengan lancar, sukses dan hikmat tanpa halangan yang berarti.

“Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu baik moril maupun materiil, terutama kepada Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat melalui dinas-dinas terkait yang telah ikut memfasilitasi suksesnya haul tahun ini, juga saya menyampaikan permohonan maaf atas nama pribadi, panitia, maupun masyarakat Kolam, jika pada pelaksanaan haul tahun ini masih banyak kekurangan, yang belum bisa memuaskan semua pihak, semoga di tahun yang akan datang dapat kami perbaiki dan sempurnakan kembali,” kata Nahwani. (kec-kolam)