Populasi Sapi Potong Tumbuh Pesat Di Kobar

MMC Kobar - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) terus melakukan percepatan swasembada daging sapi yang ditargetkan oleh Pemerintah Pusat tercapai tahun 2026.

Hingga saat ini jumlah populasi sapi potong di Kabupaten Kobar pada tahun 2017 mencapai 20.206 ekor. Pertumbuhan Populasi sapi potong di Kabupaten Kobar lima tahun terakhir mengalami pertumbuhan sebesar 171,28 persen atau 8.409 ekor.

"Saat ini di Kobar pun mendukung Program Nasional Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (UPSUS SIWAB) dimana program itu untuk mengakselerasi penambahan populasi sapi potong di dalam negeri, dan program tersebut mencakup dua kegiatan utama yakni peningkatan populasi melalui IB (Inseminasi Buatan) dan kawin alami," kata Kabid Pembibitan dan Produksi Ternak Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Kobar Hj Risanty.

Menurut Risanty, program tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Pertanian Nomor 48/Permentan/PK210/10/2016 tentang Upaya Khusus Percepatan Peningkatan Populasi Sapi dan Kerbau Bunting. Menurutnya untuk di Kabupaten Kobar memang sudah mulai pada tahun 2017.

Program tersebut di danai dari APBN, pihaknya berharap ditahun ini ada pendampingan dari APBD Kobar, sebagai percepatan keberhasilan program UPSUS SIWAB.

Kabupaten Kobar adalah satu diantara tiga kabupaten di Provinsi Kalteng yang mendapat capaian tertinggi dalam kegiatan UPSUS SIWAB tersebut, capaian itu membuat Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Kobar makin semangat melakukan terobosan yang lebih baik guna tercapainya populasi sapi potong.

Kelebihan Kabupaten Kobar dibanding kabupaten lain, antara lain memiiki potensi lahan yang luas dan terbuka, namun demi keberhasilan pengembangan program UPSUS SIWAB itu diperlukan tangan-tangan terampil sehingga potensi yang ada bisa dimanfaatkan sebesar besarnya untuk kesejahteraan masyarakat.

Capaian kegiatan UPSUS SIWAB sampai bulan Desember 2017 untuk kegiatan IB yang ditargetkan sebanyak 1.892 ekor telah teralisasi 127,48 persen atau sebanyak 2.412 ekor. Kegiatan pemeriksaan kebuntingan ternak sapi ditargetkan sebanyak 1.288 ekor telah teralisasi 110,64 persen atau sebanyak 1.425 ekor sapi bunting.

"Kelahiran dari hasil IB teralisasi 59,17 persen atau sebanyak 587 ekor akan tercapai target pada tahun ini, untuk kelahiran intensifikasi kawin alami teralisasi sebesar 72,45 persen atau sebanyak 2.323 ekor dari yang kita targetkan sebesar 3.206 ekor," pungkasnya. (Humas Diskominfo Kobar)