Pemkab Kobar Kaji Tiru Penerapan Smart City ke Pemkot Semarang

Bupati Kotawaringin Barat Hj. Nurhidayah menyerahkan plakat dan cindermata kepada Sekda Kota Semarang Ir. Agus Riyanto, Rabu (6/2/2019) - Humas Diskominfo Kobar

MMC Kobar - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) melakukan kaji tiru Smart City ke Kota Semarang (Rabu 6/2/19). Kunjungan ini dipimpin langsung oleh Bupati Kotawaringin Barat, Hj. Nurhidayah, SH,MH dengan didampingi Wakil ketua I DPRD, Asisten Perekonomian dan pembangunan, Kepala Bappeda, Kadis Kominfo, Kadis DPMPTSP  serta pejabat eselon III dan IV.

Kedatangan Bupati Kobar beserta rombongan disambut oleh Sekretaris Daerah Kota semarang, Ir. Agus Riyanto dan Kepala dinas Kominfo di Situation Room Kantor Walikota Semarang.

(Baca Juga : Peserta Wonderful Sail to Indonesia Ikuti Diskusi Pengelolaan Sampah Di Kobar)

Dalam sambutannya, Bupati Kobar mengatakan bahwa tujuan kedatangannya bersama rombongan dalam rangka melihat secara langsung dan menggali informasi serta langkah awal kerjasama penerapan smart city di Kabupaten Kobar. Lebih lanjut disampaikan, Kabupaten Kobar sebagai salah satu kabupaten yang beberapa waktu lalu ikut assesment gerakan 100 smart city, juga memiliki potensi yang cukup baik untuk penerapan smart city. Oleh sebab itu, untuk persiapan lebih matang perlu melakukan kaji tiru di Kota Semarang.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Sekda Kota semarang, Ir. Agus Iryanto menyampaikan penghargaan atas kedatangan Bupati Kobar dan rombongan. Ia mengatakan, apa yang dilakukan Pemkot Semarang terkait smart city sejak 2013 lalu adalah untuk peningkatan Pelayanan kepada masyarakat. Ia menambahkan Pemkot Semarang juga siap membantu Pemkab Kobar dalam menerapkan smart city. Berbagai aplikasi yang telah tersediapun dapat dimanfaatkan oleh Pemkab Kobar tanpa harus membeli.

Pada akhir acara, Bupati Kobar beserta rombongan berkesempatan mengunjungi pusat informasi, dan pusat pengelolaan data yang berada dikomplek kantor walikota Semarang tersebut.

Untuk diketahui, Smart City merupakan pengembangan dan pengelolaan kota/daerah dengan memanfaatkan teknologi infomasi (TI) untuk menghubungkan, memonitor dan mengendalikan berbagai sumber daya yang ada di dalam kota dengan lebih efektif dan efisien untuk memaksimalkan pelayanan kepada warganya serta mendukung pembangunan yang berkelanjutan. (Humas Diskominfo Kobar)