Pemkab Kobar Jalin Kerjasama dengan PIP Semarang

Bupati Kobar Hj. Nurhidayah, SH, MH bersama Direktur PIP Semarang, H. Irwan, S.H.,.M.Pd, M.Mar.E menandatangani MoU anatara Pemkab Kobar dan PIP Semarang, Kamis (7/02/2019). (Humas Diskominfo Kobar)

MMC Kobar - Dalam rangka peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) perhubungan laut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) menjalin kerjasama dengan Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang. Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman atau Memorandum Of Understanding (MoU) oleh Bupati Kobar Hj. Nurhidayah, SH, MH, mewakili Pemkab Kobar dan Direktur PIP Semarang H. Irwan, S.H.,.M.Pd, M.Mar.E

Dalam sambutannya, Bupati Kobar Hj. Nurhidayah mengungkapkan apresiasi atas terjalinnya kerjasama ini. Sebagai informasi, sebelumnya Pemkab Kobar juga telah melaksanakan diklat pemberdayaan masyarakat yakni basic safety training bagi para pelaku tranportasi, baik itu juru mudi kapal, kru kapal layar motor, maupun para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bertugas di bidang ini sebanyak 3 angkatan dengan jumlah total peserta sebanyak 1.100 di kabupaten Kobar.

(Baca Juga : Tanggap Darurat Diperpanjang Untuk Penanganan Lebih Cepat)

Kedepan, tim dari PIP Semarang juga akan berkunjung ke Kabupaten Kobar dengan tujuan untuk menginventarisir kebutuhan diadakannya berbagai pelatihan serupa. Selain itu itu Pemkab Kobar juga mengirim siswa-siswi SMKN 3 Kumai untuk mengikuti diklat pelayaran di PIP Semarang. Hj. Nurhidayah juga mengatakan jika kerjasama ini merupakan wujud dari upaya pemerintah daerah di dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia baik di sektor perhubungan maupun pendidikan.

“Kita berharap kerjasama ini mampu memberikan kontribusi lebih di dalam upaya peningkatan sumber daya manusia khususnya di bidang perhubungan laut, tidak hanya itu, para siswa-siswi jurusan pelayaran yang berprestasi juga nantinya bisa meneruskan jenjang pendidikannya di PIP Semarang, dengan demikian akan tercipta tenaga-tenaga terdidik dan berkualitas di bidang transportasi perhubungan,” kata Hj. Nurhidayah.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Chanti, Semarang pada Kamis (7/2/2019), turut serta hadir Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kobar, Kepala Dishub beserta pejabat struktural terkait, kepala dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kepala BKPP, Kepala BAPPEDA, kepala KSOP Kumai, serta beberapa pejabat terkait lainnya. (Humas Diskominfo Kobar)