Meriahkan Peringatan HUT RI ke-73, Desa Natai Raya Lomba Kebersihan Lingkungan RT

MMC KOBAR - Untuk memelihara dan meningkatkan kesadaran akan kebersihan lingkungan di lingkungan desa, serta memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-73, Desa Natai Raya dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menggelar lomba kebersihan Rukun Tetangga (RT).

Tim penilai lomba kebersihan lingkungan terdiri dari 3 orang, yang  diketuai Kepala Seksi Peningkatan Kapasitas Lingkungan Guning Hermanto. Penilaian dilaksanakan dengan meninjau langsung lingkungan masing-masing RT peserta lomba, yang berjumlah sebanyak 10 RT.

Guning menjelaskan, lomba kebersihan lingkungan dilaksanakan selama 1 hari, yaitu pada 15 Agustus 2018 dengan kriteria penilaian mengacu kepada kriteria penilaian Adipura, yang meliputi kebersihan, bank sampah, ruang terbuka hijau, drainase, TPS, kotak sampah, pemilahan dan pengolahan sampah.  

“Bagi RT yang mendapat nilai terbaik dari total nilai objek penilaian, panitia akan memberikan hadiah menarik berupa uang pembinaan, trophy dan piagam,” ujar Guning.

Beliau pun menuturkan agar kegiatan seperti ini dapat menjadi agenda rutin setiap tahunnya dan diharapkan pihak desa serta RT juga dapat menghidupkan kembali gerakan gotong royong kebersihan lingkungan setiap minggunya, mengingat Bupati Kobar telah mencanangkan Gerakan Jum’at Bersih pada tahun 2017.

Pada kesempatan itu, Guning juga menghimbau agar masyarakat dapat mengelola sampah secara ramah lingkungan dengan tidak melakukan pembakaran sampah, serta tidak melakukan pembakaran pada lahan dan pekarangan untuk menghindari terjadinya pencemaran udara.   

Lomba Kebersihan merupakan salah satu upaya menciptakan dan meningkatkan kebersihan guna mewujudkan lingkungan yang rapi, indah, sehat dan nyaman, di samping juga dimaksudkan untuk memotivasi seluruh warga agar peduli dan berperan aktif dalam peningkatkan kualitas kebersihan guna mendukung program Adipura Kobar. (Zikri/dlh kobar)