Lomba PKK Tingkat Kabupaten Tahun 2020 di Lingkup Kecamatan Arsel

MMC Kobar - Dalam rangka Peringatan HKG PKK Ke-48 Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Tahun 2020 maka TP-PKK Kabupaten Kobar melaksanakan Lomba UP2K dan Toga PKK Tingkat Kabupaten Tahun 2020. Lomba tersebut diselenggarakan sebagai upaya peningkatan pendapatan keluarga dengan berbagai macam olahan makanan/minuman dan pemanfaatan halaman lingkungan untuk pemenuhan kebutuhan gizi keluarga berupa Tanaman Obat dan Warung Hidup.

Lomba Toga (Tanaman Obat Keluarga) PKK Tingkat Kabupaten telah dilaksanakan pada Selasa (8/9) di Desa Kenambui, sedangkan Lomba Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK dilaksanakan pada Jumat (11/9) di Desa Medang Sari Kecamatan Arut Selatan (Arsel) yang dihadiri oleh Camat Arsel Muhammad Ramlan, Ketua TP-PKK Kabupaten Mina Irawati beserta Tim Penilai Lomba Toga & UP2K PKK , Ketua TP-PKK Kecamatan Arut Selatan Sri Wahyuni beserta Kader dan seluruh Kader PKK Desa Kenambui dan Medang Sari.

Lomba Toga PKK mengoptimalkan HATINYA PKK dengan tanaman produktif/keras (bernilai ekonomis) minimal untuk memenuhi keperluan keluarga seperti pembibitan dan pembudayaan tanaman TOGA, pembudidayaan tanaman keras dan produktif, mengadakan sosialisasi pemanfaatan pekarangan, mengembangkan industri pangan rumah tangga dan mengadakan penyuluhan tentang pemanfaatan Teknologi Tepat Guna (TTG) untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi pangan. Tidak lupa pula menertibkan administrasi pada Pokja III.

Begitu pula untuk Lomba UP2K yang mana sangat penting untuk berperanserta dalam upaya peningkatan Pendidikan untuk mewujudkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dalam usaha memenuhi kebutuhan pendidikan dasar melalui wajib belajar 12 Tahun, dan pemberian keterampilan keluarga dalam upaya peningkatan dan pemberdayaan ekonomi keluarga melalui pengembangan ekonomi kreatif dan Usaha Mikro Kecil, serta pengembangan kehidupan berkoperasi. Kegiatan ini merupakan penjabaran dari 10 Program Pokok PKK, yaitu Pendidikan dan Keterampilan, dan Pengembangan Kehidupan Berkoperasi.

Pada kesempatan tersebut, Camat Arsel Muhammad Ramlan dalam sambutannya pada Lomba UP2K Desa Medang Sari, Jumat (11/09) menyampaikan bahwa PKK berperan penting dalam kehidupan masyarakat secara langsung, karena merupakan salah satu ujung tombak untuk terlaksananya program PKK.

“PKK berperan penting dalam kehidupan masayarakat secara langsung, karena merupakan salah satu ujung tombak untuk terlaksananya program PKK, yaitu upaya peningkatan kualitas hidup dan kehidupan sebesar-besarnya untuk kesejahteraan masyarakat,” tutur Ramlan.

“Diharapkan dengan kegiatan PKK maka para Kader PKK bisa memberi dampak positif dan memotivasi warga desa/kelurahan untuk selalu berkreasi dan berinovasi demi terwujudnya kesejahteraan keluarga,” imbuhnya. (kec-arsel)