Kunjungan Kerja DPRD Kabupaten Kotim ke Bapenda Kobar

Komisi I dan Komisi II DPRD Kotim dengan Bapenda Kobar sekaligus penyerahan inderamata Kepada Bapenda Kobar, di Ruang Pelayanan Bapenda Kobar, pada Kamis 15/10/20 dan Jumat 16/10/20

MMC Kobar - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mendapat kunjungan dari Komisi I dan Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) pada Kamis (15/10). Kunjungan yang dilaksanakan selama 2 hari ini disambut baik oleh Bapenda Kobar.

Tujuan kunjungan ini adalah konsultasi tentang pengawasan sistem pemungutan pajak daerah. Kepala Bapenda Kobar Molta Dena mengatakan bahwa suatu kebanggaan bagi Bapenda Kobar mendapat kunjungan dari DPRD Kotim.

(Baca Juga : Kaji Tiru ke Bapenda Kotim, Bapenda Kobar Pelajari Optimalisasi Pajak Daerah dan Pemutakhiran PBB-P2)

“Bapenda Kobar adalah garda terdepan untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kobar. Kita terus bekerja keras dalam pengawasan pajak daerah kita dengan pembangunan sistem pajak berbasis online, karena pelayanan adalah tujuan utama yang kita lakukan untuk mempermudah masyarakat Kobar sebagai Wajib pajak sekaligus mitra kita dalam peningkatan PAD,” tutur Molta Dena saat menerima kunjungan di ruang kerjanya.

“Selain itu juga kami mengakui masih banyak yang harus kita perbaiki dalam pelayanan ini tentunya semua memerlukan proses dan penyesuaian dalam sistem baru ini,” imbuhnya.

Kunjungan kerja kali ini selain melihat potensi yang ada, DPRD Kotim juga melihat aplikasi online apa saja yang sudah diterapkan oleh Bapenda Kobar dalam pengawasan peningkatan PAD. Sistem yang sudah dibangun oleh Bapenda Kobar diantaranya Monitoring PBB-P2, Pembayaran Online PBB-P2, Sistem Informasi Manajemen Pendapatan Daerah (SIMPEDA), e-BPHTB dan Aplikasi berbasis android e-PBB.

Dengan aplikasi yang sudah dibangun Bapenda Kobar memberikan kemudahan pelayanan pajak daerah kepada masyarakat. Dengan demikian mempermudah pelayanan pajak daerah akan membuat masyarakat menjadi lebih taat membayar pajak daerah.

“Kita juga bekerjasama dengan ATR/BPN Kobar dalam mitra kita untuk BPHTB online, dengan dasar ZNT yang mendekati harga pasar wajar. Selain itu juga kita merangkul Bank Persepsi sebagai penyedia pelayanan pembayaran online semua pajak yang kita kelola saat ini,” ungkap Molta.

Pertemuan kali ini, lanjut Molta, akan menjadi motivasi untuk selalu memberikan pelayanan prima kepada masyarakat Kobar. Dengan memaksimalkan tenaga yang ada Bapenda Kobar memiliki tekad dan tujuan untuk mewujudkan Kobar yang Mandiri.

Dengan Pajak Kobar Jaya. Orang Bijak Taat Bayar Pajak. (bapenda kobar)