Kemkominfo Gelar SAIK 2018 di Kota Tangerang

SAIK 2018 dibuka secara resmi oleh Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko di Hotel Novotel, Kota Tangerang, Senin (2/12) pagi. (Humas Diskominfo Kobar)

MMC KOBAR - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI menggelar Sinergi Aksi Informasi dan Komunikasi Publik (SAIK) 2018 selama empat hari mulai 1 hingga 4 Desember 2018 yang dipusat di dua tempat, yakni di Hotel Novotel dan Lapangan Ahmad Yani, Kota Tangerang. Agenda kegiatan tahunan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko di Hotel Novotel, Kota Tangerang, Senin (3/12) pagi.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kemkominfo RI Niken Widiastuti mengatakan, SAIK merupakan kegiatan yang ditujukan untuk meningkatkan sinergi dan kemitraan antara humas di seluruh Indonesia guna mengikuti perkembangan teknologi dan masyarakat.

(Baca Juga : Tim Saber Pungli Kobar Sidak di Lima Lokasi Sekaligus)

"Kegiatan ini bertujuan meningkatkan jaringan kemitraan humas dan untuk meningkatkan kompetensi humas di seluruh Indonesia guna menjawab tantangan industri 4.0, yang tentunya humas perlu melakukan perubahan dan menyesuaikan dengan perkembangan teknologi dan masyarakat," ujar Niken.

Kegiatan ini pula diselenggarakan dalam rangka memberikan penghargaan kepada humas di seluruh Indonesia.

"Kegiatan ini juga untuk mengapresiasi para pelaku kehumasan dalam melaksanakan informasi kepada publik," kata Niken melanjutkan.

Ditambahkan Niken, rangkaian kegiatan SAIK 2018 ini telah dilaksanakan sejak kemarin, diawali dengan jalan sehat bersama Komunitas Difabel di  Minggu pagi.

"Jalan sehat dan senam kemarin itu dihadiri kurang lebih 500 penyandang difabel, kemudian kemarin telah dilaksanakan Festival Pertunjukan Rakyat Tingkat Nasional yang akan dilaksanakan juga pada malam hari ini," ucapnya.

SAIK 2018 diikuti seluruh kementerian/lembaga, BUMN, humas perguruan tinggi dan Dinas Kominfo Provinsi/Kabupaten/Kota se-Indonesia. Diakhir kegiatan, sambung Niken, juga akan diselenggarakan Anugerah Media Humas 2018.

"Ada sekitar 60 humas perguruan tinggi yang mengikuti kegiatan ini. Anugerah Media Humas tahun ini diikuti peserta sebanyak 158 instansi, terdiri dari 67 instansi pusat dan 91 instansi pemerintah daerah," pungkasnya. (Humas Diskominfo Kobar)