Kegiatan Penyemprotan Desinfektan di Kelurahan Mendawai Kecamatan Arsel

Lurah Mendawai beserta tim melakukan penyemprotan desinfektan di lingkungan pemukiman warga.

MMC Kobar - Kelurahan Mendawai Kecamatan Arsel Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) terus berkomitmen mendukung program pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam upaya pencegahan penyebaran Virus Corona (Covid-19).

Hari ini, Jumat (27/03) Lurah Mendawai bersama Babinkamtibmas, Karang Taruna Bhakti Tabela, Ketua RT dan beberapa warga RT12 di Kelurahan Mendawai melaksanakan kegiatan gotong royong yaitu penyemprotan desinfektan di jalan, gang-gang pemukiman warga dan fasilitas umum lain (masjid) yang ada di RT12 secara mandiri.

(Baca Juga : Asian Games Jadi Momen Penting Perdamaian Korea)

Lurah Mendawai M. Zulhadi menyampaikan bahwa kegiatan ini secara perlahan akan dilaksanakan terus menerus dan bergantian pada setiap RT-RT yang lain yang ada di wilayah Kelurahan Mendawai.

"Pada wilayah Kelurahan Mendawai yang kita utamakan untuk dilakukan penyemprotan desinfektan adalah fasilitas umum terutama yang berada di gang-gang sempit seperti Posyandu dan Poskamling yang sulit dijangkau oleh mobil penyemprot dari pemerintah maupun relawan pada pemukiman warga. Selain penyemprotan ini, tim kami juga melakukan Sosialisasi kepada masyarakat yang saat itu kami jumpai tentang bagaimana cara membuat desinfektan yang mudah dari bahan pembersih rumah tangga sehingga masyarakat bisa melakukan penyemprotan secara mandiri di lingkungan rumah masing-masing," ujar Zulhadi.

Pada kesempatan tersebut Zulhadi juga menyampaikan bahwa diharapkan dengan kegiatan penyemprotan desinfektan ini secara rutin dapat mencegah penyebaran Covid-19 pada Wilayah Kelurahan Mendawai dan sekitarnya serta memberikan pemahaman dan pengetahuan warga tentang perlunya pola hidup bersih dan sehat dengan cara menjaga diri, keluarga serta lingkungannya.

"Pada saat penyemprotan desinfektan itu pula kami sosialisasikan kepada warga bahwa tidak hanya melakukan semprot desinfektan tetapi perlu juga menjaga kebersihan diri dengan cara sering-sering cuci tangan bila datang atau habis bepergian, jaga jarak kurang lebih 1 meter bila bertemu dengan orang lain serta berdiam diri dirumah terlebih dahulu jangan keluar rumah kecuali ada keperluan yang mendesak," pungkasnya. (kec-arsel)