Kegiatan Beberosih Sungai Arut, Ajak Masyarakat Jaga Kebersihan Bantaran Sungai

MMC Kobar - Sungai sering dimanfaatkan masyarakat memenuhi kebutuhan sehari-hari, seperti untuk mandi, mencuci dan kebutuhan lainnya serta dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan perekonomian. Bahkan dapat juga sebagai destinasi wisata. Begitu juga dengan Sungai Arut yang sering digunakan masyarakat sekitar untuk mandi, mencuci, mencari nafkah dan sekarang juga menjadi destinasi wisata.

Namun kondisi Sungai Arut sekarang cukup tercemar dikarenakan ada sebagian masyarkat yang masih membuang sampah ke Sungai Arut. Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat menjaga kebersihan di sekitar Sungai Arut, perlu diadakan kegiatan rutin gotong royong membersihkan di bantaran Sungai Arut.

Pada Jumat (11/09) pagi, Pemerintah Kecamatan Arut Selatan (Arsel) melaksanakan kegiatan “Beberosih” Sungai Arut yang melibatkan banyak pihak. Kegiatan ini merupakan inisiatif dari 5 Kelurahan di Kecamatan Arut Selatan yang wilayahnya terdapat bantaran Sungai Arut, yaitu Kelurahan Mendawai, Kelurahan Raja, Kelurahan Mendawai Seberang, Kelurahan Raja Seberang dan Kelurahan Baru. Hal ini selaras dengan program yang dicanangkan Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melalui program Gerakan Jumat Bersih dalam rangka mewujudkan lingkungan yang tertata dan bersih.

Kegiatan Beberosih Sungai Arut ini juga dilaksanakan untuk mengembangkan potensi yang ada di sekitar Sungai Arut. Seperti diketahui, Arut Riverside masuk dalam nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) Award Tahun 2020 dalam kategori Destinasi Baru Terpopuler.

Bupati Kobar Hj Nurhidayah dan jajarannya beserta Camat Arsel yang diwakili sekretaris camat sempat meninjau pelaksanaan kegiatan Beberosih Sungai Arut di Kampung Sega. Kegiatan ini terlaksana juga berkat kerjasama dari banyak pihak, diantaranya lurah beserta jajaran dan staff, Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas, Relawan Bersatu, Karang Taruna, Rapi Kobar, mahasiswa UNTAMA dan RT beserta warga masyarakat di masing-masing kelurahan.

Camat Arsel melalui Sekretaris Camat Arsel Rangga Lesmana sangat mengapresiasi kegiatan Beberosih Sungai Arut, dimana masyarakat sangat antusias melaksanakan kegiatan gotong royong di bantaran Sungai Arut.

“Kegiatan Beberosih Sungai Arut adalah kegiatan gotong royong yang di inisiasi oleh 5 kelurahan di wilayah bantaran sungai arut mendapatkan respon positif dari warga sekitar. Kegiatan berjalan lancar dengan keikutsertaan masyarakat sehingga gotong royong terlaksana sesuai target. Dengan menjaga kebersihan bantaran sungai, menunjukan bahwa masyarakat mencintai lingkungan terutama Sungai Arut,” ungkap Rangga. (kec-arsel)