Jelang Libur Idul Fitri, Pemohon KTP-El Membludak

MMC Kobar - Menjelang liburan Panjang, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) terus diserbu warga yang ingin membuat KTP-El. Operator Cetak KTP-El, Sofiana mengatakan, dalam sehari biasanya yang mencetak KTP-el tidak lebih dari 100 orang, tetapi sekarang rata-rata 200 sampai 250 orang. Jumlah tersebut meningkat dua kali lipat dari hari biasanya.

“Menjelang liburan dan masa mudik maskapai penerbangan maupun angkutan laut mewajibkan penggunaan KTP-El untuk cek identitas penumpangnya dan kebetulan warga Kabupaten Kotawaringin Barat rata-rata adalah pendatang yang memanfaatkan momen liburan ini untuk mudik ke kota kelahirannya. Inilah yang membuat warga antusias mengajukan KTP-el,” tambah Gusti M. Imansyah

Adapun warga yang melakukan perekaman KTP-El hingga terjadinya lonjakan yang signifikan didominasi kalangan usia remaja maupun warga yang bekerja di perkebunan sawit.

Gusti M. Imansyah menuturkan, cetak KTP-El tidak lama, cukup mengambil nomor antrian dan menunggu nomornya dipanggil. Dirinya menyarankan, sebelum KTP-El dicetak, pastikan dulu untuk mengecek data di Kartu Keluarga masing-masing apakah ada kekeliruan data. Dan tidak lupa untuk mengecek golongan darah karena KTP-El tidak akan dicetak jika tidak mencantumkan golongan darah.

“Permohonan KTP-El boleh juga diwakilkan dengan surat kuasa dari yang bersangkutan untuk menghindari penyalahgunaan KTP-El oleh orang yang tidak bertanggung jawab,” katanya. (bd/disdukcapil kobar