Jalankan Fungsi Pembinaan, BBI Pinang Merah Terima Siswa Prakerin SMKN 1 Kumai

MMC Kobar – Balai Benih Ikan (BBI) Pinang Merah merupakan salah satu Unit Pelayanan Teknis pada yang berkedudukan dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar). BBI Pinang Merah mempunyai tugas untuk untuk melaksanakan kegiatan teknis yang secara langsung berhubungan langsung dengan pelayanan masyarakat maupun sharing teknologi pada dunia Pendidikan Kejuruan Perikanan yang ada di Kobar.

Dalam rangka menjalankan fungsi BBI salah satu diantaranya adalah memberikan pembinaan dan bimbingan pembenihan ikan, BBI Pinang Merah kembali menerima SMK Negeri 1 Kumai untuk melakukan Prakerin (Praktek Kerja Industri) yang diterima oleh Kasi Perbenihan Ikan dan Produksi Budidaya Ikan, Nani Nurhidayati, Kamis (6/8).

Dalam keterangannya Nani berharap selama masa Prakerin dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggung jawab, sehingga setelah selesai akan mendapatkan ilmu yang bermanfaat mengenai pembenihan ikan.

“Dan kedepan bisa dijadikan ladang usaha yang mampu berkontribusi bagi peningkatan produksi perikanan di Kobar,” ujar Nani.

Eka Leluni selaku Pengampu mata pelajaran Produktif Agribisnis Perikanan Air Tawar SMK Negeri 1 Kumai dalam kesempatan mengantarkan siswa di BBI Pinang Merah memaparkan bahwa Prakerin setiap tahun dilaksanakan oleh siswa untuk kelas 3 dan sudah lama terjalin kerjasama SMK Negeri 1 Kumai dan BBI Pinang Merah.

“Dalam pelaksanaan Prakerin diharapkan kerjasama ini tetap terbina dengan baik, dan diucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Dinas Perikanan Kabupaten Kotawaringin Barat yang telah memberikan fasilitas untuk anak didik kami sehingga mereka mendapat ilmu secara langsung dalam hal pembenihan. Dan selama mereka dalam melaksanakan Prakerin di BBI Pinang Merah diharapkan dapat melaksanakan dengan sebaik-baiknya dan mohon untuk dibimbing,” ucap Eka.

Untuk menjalankan fungsinya BBI Pinang Merah membuka seluas luasnya kepada masyarakat dalam mencari informasi dan bimbingan mengenai pembenihan ikan bisa datang langsung ke BBI Pinang Merah. (nita&razak/diskan kobar)