Jadwal Penerimaan CPNS Kobar, Masih Menunggu dari Pusat

MMC KOBAR - Kepastian penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) tahun 2018 masih menunggu petunjuk dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemnepan RB). Informasi ini disampaikan Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kobar Aida Lailawati di ruang kerjanya, Kamis (23/8).

“Kita masih menunggu kabar dari Kemenpan RB, karena penerimaan CPNS ini dilaksanakan serentak seluruh Indonesia, jadi sampai sekarang belum ada kapannya. Kita berharap mudah-mudahan ada di akhir tahun 2018 ini,” ujarnya.

Dikatakan Aida, namun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kobar sudah mengajukan permintaan formasi CPNS kepada Pemerintah Pusat. Jumlah formasi yang terbuka adalah tenaga pendidikan, tenaga kesehatan dan tenaga teknis infrastruktur. Ini sesuai dengan kebijakan Pusat.

“Formasi yang kita usulkan ke Pemerintah Pusat itu sejumlah 1770 formasi.  Prioritas yang kita usulkan adalah untuk pendidikan, kesehatan kemudian bidang teknis untuk mendukung infrastruktur sesuai dengan Nawacita, Pak Jokowi, Presiden RI yaitu memperkuat infrastruktur yang ada di Indonesia ini,” terangnya.

Mengenai mekanisme penerimaan CPNS tahun 2018 masih sama, pendaftaran akan dilakukan secara online melalui laman Sistem Seleksi CPNS Nasional (SCCN) yang ditangani langsung oleh Badan Kepegawaian Nasional (BKN) dan menggunakan Computer Assisted Test (CAT) dalam seleksinya.

“Untuk mekanisme penerimaan CPNS ini sama seperti tahun kemaren. Menggunakan sistem SCCN, dan websitenya langsung ditangani oleh BKN. Kemudian sistem seleksinya nanti itu juga sama seperti tahun kemarin, kita menggunakan sistem CAT, pakai komputerisasi, yang mana  CAT ini hasilnya cepat diperoleh, saat itu juga dapat diketahui,” katanya.

Aida menambahkan, mengenai informasi Pemkab Kobar membuka pendaftaran CPNS 2018 pada bulan Juli kemarin adalah informasi hoax. Aida mengakui saat ini Pemkab Kobar belum memperoleh kepastian mengenai jadwal penerimaan CPNS dari Pusat. Beliau mengimbau warga Kobar jangan mudah percaya dengan informasi tentang penerimaan CPNS 2018.

"Jangan dengar informasi dari masyarakat atau orang-orang yang tidak bertanggungjawab, Pemerintah Daerah punya instansi yang bertanggungjawab dalam hal penerimaan CPNS ini, jadi jangan percaya bulan ini, bulan ini. Silahkan datang ke kami untuk mendapatkan informasi yang jelas dan benar.” pungkasnya. (Humas Diskominfo Kobar)