Inilah Fitur Layanan WhatsApp Chatbot Covid19.go.id

Jakarta, Kominfo - Saat ini warga Indonesia dapat menggunakan Akun WhatsApp dari Pusat Informasi Covid-19 powered by Kemkominfo RI. Pengguna bisa mengaksesnya secara gratis dengan mengirimkan pesan WA ke nomor 081133399000 atau klik tautan https://wa.me/6281133399000. 

"Publik dapat berinteraksi dengan akun chat resmi pemerintah tersebut untuk memperoleh informasi secara interaktif melalui chatbot yang kontennya disediakan oleh BNPB dan Kemenkes RI," tutur Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate dalam Konferensi Pers Dukungan Layanan Prima Telekomunikasi dan Penyiaran untuk Atasi Penyebaran Covid-19, di Jakarta, Kamis (19/03). 

(Baca Juga : ASN SMPN 7 Arsel Wisata Arsip Dan Pustaka Ke DPK Kobar)

WhatsApp Chatbot Covid19.go.id memiliki 7 fitur informasi yang bisa dipilih melalui menu, antara lain A. Kabar Covid-19 terkini di Indonesia B. Sebenarnya apa sih Covid-19 itu? C. Apa saja gejala Covid-19? D. Bagaimana cara melindungi diri? E. Bagaimana cara melindungi orang lain?  F. Masker perlu gak sih? dan G. Rumah Sakit Rujukan Covid-19.

Untuk mengakses menu bisa mengirimkan huruf depan pilihan. Sementara untuk kembali ke menu utama tinggal ketik MENU. Dan ketik SELESAI bila mau mengakhiri perbincangan melalui WA Chatbot.

Dalam peluncuran Layanan Prima Komunikasi dan Informatika dalam Menghadapi Pandemi Covid-19 di Ruang Serbaguna Kementerian Kominfo, Kamis (19/03/2020), Menteri Johnny menyebutkan layanan WhatsApp Chatbot khusus disediakan oleh WhatsApp Facebook.  “Kementerian Kominfo bekerja sama dengan WhatsApp (Facebook) dan Telkom Group membangun Chatbot Whatsapp yang bisa diakses publik, dengan nama akun: covid19.go.id,” tuturnya.

Menurut Menteri Johnny, WhatsApp memberikan komitmen kebijakan khusus bagi Indonesia untuk dapat menyalurkan pesan WhatsApp blast terkait pandemi Covid-19. "WhatsApp hanya memberikan kebijakan ini secara eksklusif kepada dua negara, yakni Indonesia dan Singapura,” tegasnya.

Sumber : kominfo.go.id