Hari Ini, Bupati Resmikan FBMBA di Taman Segitiga Bundaran Pancasila

MMC KOBAR - Budaya dan kearifan lokal merupakan jati diri suatu daerah sekaligus bisa menjadi aset wisata yang menarik bagi wisatawan yang mengunjungi daerah tersebut.

“Kearifan lokal jauh lebih penting dari memiliki bangunan yang megah. Kehilangan budaya artinya sama saja kehilangan karakter daerah, kehilangan akar dari jati diri daerah,” kata Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) Hj Nurhidayah saat membuka kegiatan Festival Budaya Marunting Batu Aji (FBMBA) di Taman Segitiga Bundaran Pancasilan, Selasa (9/10).

Festival ini memiliki makna sebagai upaya pemerintah daerah untuk menjaga kelestarian dan sekaligus mewariskan budaya tradisi lokal daerah. Selain itu juga sebagai sarana untuk menggali kreativitas masyarakat.

“Selain sebagai upaya pelestarian budaya lokal daerah, festival ini juga sebagai wadah dari para seniman untuk menampilkan hasil karyanya sebagai pendukung sektor pariwisata,” ujarnya.

Berbagai kegiatan lomba bakal digelar dalam FBMBA yang berlangsung selama 5 hari dari tanggal 9-13 Oktober 2018 ini, seperti lomba tari, lomba permainan tradisional dan masakan tradisonal. Perlombaan tersebut tidak difokuskan dalam satu lokasi, namun berada di 3 titik lokasi, yakni di Taman Segitiga Bundaran Pancasila, Pangkalan Bun Park dan Pasar Palagan Sari.

“Perlombaan dalam festival ini, yakni tari pesisir, tari pedalaman, tarik tirik bagasing, balogo, menyumpit, sepak saut, karungut, pantun seloka, masakan tradisional dan melamang,” terang Bupati.

Bupati mengimbau masyarakat untuk berpartisipasi dalam setiap kegiatan FBMBA kali ini, menurutnya partisipasi masyarakat merupakan kunci sukses dalam setiap penyelenggaraan kegiatan.

“Kali ini saya menghimbau kepada seluruh masyarakat Kobar untuk bersama-sama berperan aktif menyukseskan kegiatan ini dengan berbagai kegiatan yang konstruktif untuk mengangkat harkat dan martabat daerah, ini akan menjadi  kebanggaan Kobar. Mari buktikan, kita siap menjadi daerah tujuan wisata,” tutupnya.

Acara pembukaan festival dihadiri oleh Ketua DPRD Kobar Triyanto, Forkopimda, perwakilan Pengadilan Negeri Pangkalan Bun, perwakilan Kodim 1014/pbn, perwakilan Polres Kobar, Pj Sekda Suyanto beserta staf ahli, asisten dan kepala dinas di Pemkab Kobar serta tamu undangan. (Humas Diskominfo Kobar)